55 Jenis Burung Hantu Di Indonesia Lengkap

Posted on

22. Otus Angelinae Celepuk jawa

Otus angelinae (Celepuk Jawa)

Burung ini termasuk Celepuk Jawa yang berukuran sekitar 20 cm. Termasuk burung endemik pulau Jawa yang disebut Javan Scops-owl dalam bahasa Inggris. Juga memiliki status konservasi Vulnerable atau rentan.

23. Otus beccari atau Celepuk Biak

Celepuk biak termasuk burung hantu endemik Pulau Biak yang berukuran 25 cm. Disebut dengan status konservasi Vulnerable atau rentan. Juga dalam bahasa Inggris memiliki nama Biak Scops-Owl, biak scops owl.

24. Otus brookii, Celepuk raja

Otus brookii (Celepuk Raja)

Otus brookil ini termasuk jenis burung hantu di Indonesia yang tersebar di Idnonesia bagian Sumatera dan Kalimantan Utara. Ada juga di Serawak, malaysia. Disebut dengan rajah scops owl daalam bahasa Inggris. Memiliki status konservasi berisiko rendah dan CITES appendix II.

25. Otus Collari

Disebut juga sebagai Celepuk Sngihe yang berukuran sekitar 19 cm. Burung hantu ini termasuk burung hantu endemik pulau Sangihe sulawesi utara yang disebut Sangihe Scops owl dalam bahasa Inggris. Juga memiliki status konservasi berisiko rendah IUCN Redlist dan CITES Appendix II .

26. Otus Enganensis, Celepuk enggano

Otus enganensis (Celepuk Enggano)

Kali ini otus enganensis termasuk celepuk Enggano yang berukuran sekitar 20 cm. Burung hantu ini termasuk burung hantu endemik Pulau Enggano atau Bengkulu. Enggano scops-owl adalah sebutannya dalam bahasa Inggris. Memiliki status konservasi terancam dan CITES Appendix II .

27. Otus Jolandae, Celepuk rinjani

Otus Jolandae sebagai jenis burung hantu di Indonesia disebut juga Celepuk Rinjani yang merupakan burung hantu endemik Pulau Lombok, NTB. Dalam bahasa Inggris, burung ini disebut Rinjani Sops-owl. Memiliki status konservasi hampir terancam dengan CITES Appendix II.

28. Otus Lempiji

Otus lempiji (Celepuk Reban)

Jenis burung hantu di Indonesia ada juga yang disebut Celepuk Reban atau Otus Lempiji. Memiliki ukuran sekitar 20 cm dan tersebar di Indonesia bagian Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Bali, Bangka serta pulau sekitar. Sementara di luar negeri termasuk di Brunie Darussalam, Malaysia dan Singapura. Disebut dengan Sunda Scops-Owl dalam bahasa Inggris dan memiliki status konservasi berisiko rendah.

29. Otus Lettia

Burung hantu yang memiliki ukuran 23 hingga 25 cm. Persebaran wilayahnya ada di Indonesia, Bhutan, China, banglades dan masih banyak lagi. Memiliki status konservasi berisiko rendah dengan sebuta collared scops-owl dalam bahasa Inggris. Termasuk IUCN Redlist dan CITES Appendix II.

30. Otus Manadensis

Otus Manadensis

Jenis ini juga disebut dengan Celepuk Sulawesi. Jenis burung hantu yang disebut dengan Sulawesi scops-owl. Juga memiliki ukuran sekitar 21 cm dan status konservasi Least Concern atau berisiko rendah. Jenis burung hantu di Indonesia ini termasuk IUCN redlist dan CITES Appendix II.

31. Otus Mendeni

Termasuk Celepuk Banggal yang sebelumnya dianggap sebagai anak jenis dari Otus Manadensis. Juga termasuk endemik pulau Peleng Kep. Banggal, Sulawesi tengah. Jenis ini memiliki sebutan dalam bahasa Jawa adalah Banggai Scops-owl. Juga, memiliki status konservasi Vunerable atau rentan serta IUCN Redlist dan CITES Appendix II.

Daftar jenis burung hantu di Indonesia di bagi dalam 5 halaman, Klik angka selanjutnya di bawah ini untuk ke halaman berikutnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *