55 Jenis Burung Hantu Di Indonesia Lengkap

Posted on

32. Otus Mentawi

Otus mentawi (Celepuk Mentawai)

Jenis ini disebut dengan Celepuk Mentawai yang juga memiliki ukuran 20 cm. Jenis burung hantu di Indonesia ini termasuk endemik Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Disebut sebagai Mentawai-Scops-owl dalam bahasa Inggris. Juga, jenis yang memiliki status konservasi hampir terancam atau near threatened CITES Appendix II.

33. Otus Rufescens

Otus rufescens (Celepuk Merah)

Jenis burung hantu di Indonesia ini juga disebut sebagai Celepuk Merah yang berukuran 19 cm. Sementara daerah sebarannya meliputi Indonesia di bagian Sumatera, Kalimantan, Bangka dan juga Jawa bagian barat. Sementara di luar negeri meliputi Brunei Darussalam, Filipan, Thailand dan Malaysia. Memiliki status konservasi Near Threatened atau hampir terancam dan CITES Appendix II.

34. Otus Siaoensis

Jenis berikutnya adalah Celepuk Siau yang berukuran 19 cm dimana burung hantu endemik Pulau Siau, Sulawesi Utara ini memiliki sebutan dalam bahasa Inggris yaitu Siau Scops-owl atau Siau Scops Owl. Jenis yang juga memiliki status konservasi Kritis IUCN Redlist dan CITES Appendix II.

35. Otus Silvicola

Jenis burung hantu berikutnya disebut sebagai Celepuk Wallacea yang memiliki ukuran 27 sampai 30 cm. Hewan endemik Indonesia ini ada di Pulau Sumbawa dan Flores. Sebutan dalam bahasa Inggris adalah Wallace;s Scops-owl. Juga memiliki status konservasi berisiko rendah IUCN Redlist dan IUCN Appendix II.

36. Otus Spilocephalus

Termasuk jenis burung hantu di Indonesia dengan sebutan Celepuk Gunung. Burung hantu yang memiliki ukuran sekitar 19 cm. Daerah sebarannya ada di Indonesia meliputi Sumatera dan Kalimantan Utara. Juga tersebar di Bangladesh, china, India, Kamboja, Bangladesh dan daerah lainnya. Sebutan dalam bahasa Inggrisnya adalah Mountain Scops-owl. Status konservasinya adalah berisiko rendah.

37. Otus Sulaensis

Disebut juga sebagai Celepuk Sula yang sebelumya dianggap sebagai subspesies Otus Manadensis. Burung hantu ini endemik Kep. Sula atau Maluku Utara. Disebut sebagai Sula Scops-owl dalam bahasa Inggris. Juga memiliki status konservasi Near threatened atau hampir terancam.

38. Otus Sunia

Otus sunia (Celepuk Asia)

Celepuk Asia ini memiliki ukuran sekitar 18 cm dengan hidup yang tersebari di Indonesia bagian Sumatera, Bangka dan Belitung. Sementara persebarannya di luar negeri ada di Korea utara, Laos, malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, rusia hingga Vietnam. Memiliki sebutan sebagai Oriental Scops-owl dalam bahasa Inggris. Juga memiliki status konservasi berisiko rendah atau IUCN Redlist dan CITES Appendix II.

39. Otus Tempestastis

Disebut juga sebagai celepuk wetar yang sebelumnya termaasuk subspesies Otus magicus. Hewan endemik pulau wetar, Nusa Tenggara ini memiliki status konservasi berisiko rendah atau Least Concern. Jenis burung hantu di Indonesia yang memiliki bagian mata berwarna kuning, lho!

40. Otus Umbra

Otus umbra disebut juga sebagai Celepuk Simalur yang memiliki ukuran sekitar 19 cm. Burung hantu ini termasuk burung hanti endemik Pulau Simeulue, Aceh. Memiliki sebutan Simeulue Scops Owl dalam bahasa Inggris. Juga termasuk burung hantu dengan status hampir terancam.

41. Phodilus Badius

Phodilus badius (Serak Bukit, Wowo-wiwi)

Jenis burung hantu di Indonesia ini memiliki nama lain Serak bukit. Ukurannya sekitar 27 cm dengan daerah sebaran di Indonesia meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan dan juga pulau kecil yang ada di sekitarnya. Termasuk ada juga di Bangladesh, Brunei Darussalam, India, China dan lain sebagainya. Sebutan dalam bahasa Inggrisnya adalah Oriental Bay-owl. Memiliki status konservasi berisiko rendah.

Daftar jenis burung hantu di Indonesia di bagi dalam 5 halaman, Klik angka selanjutnya di bawah ini untuk ke halaman berikutnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *