55 Jenis Burung Hantu Di Indonesia Lengkap

Posted on

42. Strix Leptogrammica

Strix leptogrammica (Kukuk Beluk)

Jenis burung hantu di Indonesiayang satu ini memiliki mata merah di malam hari. Disebut juga dengan Kukuk Beluk yang memiliki ukuran 34 hingga 45 cm. Daerah sebarannya di Indonesia ada di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan juga pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Dalam bahasa Inggris, burung hantu ini disebut dengan Brown Wood-owl dengan status konservasinya berisiko rendah.

43. Strix Seloputo

Strix seloputo (Seloputo)

Anda bisa merasa begitu gemas melihat jenis burung hantu di Indonesia yang satu ini. Kepalanya bulat dengan paruh yang mancung. Tersebar di Indonesia bagian Jawa dan Sumatera. Juga disebut sebagai Spotted wood dalam bahasa Inggris. Status konservasinya adalah berisiko rendah.

44. Tyto Alba

Disebut sebagai burung hantu Serak Jawa yang memiliki ukuran cukup besar. Ukurannya sekitar 29-44 cm. Daerah sebaran dari burung ini memang sangat luas hampit di seluruh dunia. Jika di Indonesia sendiri ada di Sumatera, Bali, Jawa dan juga Nusa Tenggara. Disebut dengan Common barn-owl dalam bahasa Inggris. Memiliki status konservasi berisiko rendah.

45. Tyto Almae

Bukan berarti ketika namany Serak Seram lantas jenis burung hantu di Indonesia ini terlihat seram. Serak Seram termasuk endemik Pulau Seram, Maluku. Disebut sebagai Serak-Masked Owl dalam bahasa Inggris yang memiliki status konservasi kurang data atau Data Deficient dan IUCN Redlist, CITES Appendix II.

46. Tyto Inexspectata

Burung hantu yang unik dengan sebutan Serak Minahasa dan memiliki ukuran sekitar 27 sampai 31 cm. Jenis burung hantu di Indonesia ini edemik Pulau Sulawesi. Disebut Minahasa Masked-owl dalam bahasa Inggris. Juga termasuk burung dengan status konservasi rentan IUCN Redlist dan CITES Appendix II.

47. Tyto Longimembris

Memiliki mata yang sedikit sipit, Serak Padang ini memiliki daerah sebara di pulau-pulau Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi serta Papua. Jenis burung hantu di Indonesia yang memiliki status konservasi berisiko rendah. Juga tersebar di Filipina, Myanmar, Nepal hingga Vietnam.

48. Tyto Multipunctata

Jenis burung hantu di Indonesia berikutnya Tyto Multipunctata. Jenis burung hantu ini tersebar di Australia, Indonesia tepatnya di Papua dan juga Papua Nugini. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Lesser Sooty-owl. Memiliki status konservasi berisiko rendah, IUCN redlist dan CITES Appendix II.

49. Tyto Nigrobrunnea

Jenis ini memiliki nama lain Serak Taliabu. Burung hantu endemik Pulau Taliabu di Kepulauan Sula, Maluku. Jenis ini disebut dengan Taliabu Masked-owl dalam bahasa Inggris. Burung yang memiliki status konservasi Endangered atau terancam. Juga termasuk IUCN Redlist dan CITES Appendix II.

50. Tyto Novaehollandiae

Disebut juga sebagai Serak Australia yang mana termasuk jenis burung hantu di Indonesia dengan ukuran 33-47 cm. Daerah sebaran burung hantu ini ada mulai dari Indonesia Pulau Jamdena, Buru, Papua di bagian selatan. Burung hantu ini memiliki status konservasi berisiko rendah, IUCN Redlist dan CITES Appendix II.

51. Tyto Rosenbergil

Jenis burung hantu ini disebut Serak Sulawesi yang berukuran 43-46 cm. Termasuk jenis burung hantu endemik Pulau Sulawesi dan pulau yang ada di sekitarnya. Disebut dengan Sulawesi Masked-Owl dalam bahasa Inggris. Juga memiliki status konservasi berisiko rendah.

52. Tyto Tenebricosa

Serak Hitam merupakan sebutan lainnya yang memiliki ukuran sekitar 37-43 cm. Jenis burung hantu di Indonesia ini berada di Indonesia terutama di wilayah Papua. Sementara di luar negeri ada di Australia dan Papua Nugini. Disebut dengan Greater Sooty-owl dalam Bahasa Inggris. Status konservasinya adalah berisiko rendah.

53. Uroglaux Dimorpha

Disebut dengan Pungguk Papua atau Beluk Papua. Burung hantu yang juga memiliki ukuran 32 cm. Sebarannya ada di Indonesia Papua dan Pulau Yapen. Juga ada di Papua Nugini dengan sebutan Papuan Boobook dalam bahasa Inggris. Memiliki status konservasi Data Deficient atau kurang data.

54. Burung Hantu Putih

Jika anda ingin memiliki jenis burung hantu di Indonesia dengan fisik yang elegan, anda bisa memilih burung hantu putih. Tinggi burung yang telah dewasa ini bisa mencapai ukuran 35 cm. Tak heran jika burung hantu ini terlihat gagah dan berani. Untuk membelinya, anda bisa mengeluarkan sekitar Rp. 300.000.

55. Burung Hantu Salju

Jenis burung hantu di Indonesia berikutnya adalah burung hantu salju. Burung hantu yang memiliki warna putih bersih dengan kesan cantik dan tinggi standar 30 cm. Wajahnya unik dan menyerupai bentuk love. Harga burung ini juga berada di kisaran Rp. 400.000.

Melihat beberapa jenis burung hantu di Indonesia ini tentu menjadi keragaman dan kekayaan tersendiri. Masing-masing jenis memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan, tahukah anda bahwa burung hantu memiliki fakta unik salah satunya adalah 14 bagian vertebra leher, 2x lipat lebih banyak dari milik manusia. Anatomi yang unik bisa membantu burung hantu untuk memutar kepala mereka hingga 270 derajat.

Fakta unik lainnya juga dimiliki burung hantu kerdil. Dengan ciri khas mata kuning cerah dan juga bulu berwarna hitam yang ada di bagian belakang kepala. Juga ada bintik mata yang bisa memperlambat atau menghalangi predator yang biasanya datang dari belakang. Jenis burung hantu di Indonesia ini aktif pada siang hari yang membuat pemangsa bisa melihat matanya tanpa peduli ke arah mana mereka mendekati burung hantu kecil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *