Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Betina Terlengkap

Posted on

Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Betina Terlengkap – Perlu diketahui bahwa burung Cendet mempunyai sebutan yang sangat beragam. Misalnya seperti pentet, bentet, dan juga toet. Burung Cendet ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 20 hingga 25 cm. Dengan penampilan yang indah, burung Cendet juga memiliki suara kicauan yang merdu dan gacor.

Membedakan Burung Cendet Jantan dan Betina

cenayangkicau.com

Burung kicau yang tergolong sebagai salah satu burung predator ini termasuk burung yang cerdas. Hal ini dikarenakan burung Cendet mempunyai kemampuan yang sangat istimewa, yaitu dapat meniru suara kicauan burung lainnya. Jika Anda ingin mencari burung pendet dengan suara kicauan yang merdu dan nyaring, sebaiknya Anda memilih burung Cendet berjenis kelamin jantan.

Mengapa demikian? Karena burung Cendet yang jantan mempunyai kelebihan yang lebih jika dibandingkan dengan Cendet betina. Kelebihan tersebut bisa dilihat dari postur tubuhnya, variasi dalam berkicau, dan juga kekuatan suaranya. Karena alasan itulah, Anda sebaiknya memilih burung Cendet jantan untuk dipelihara di rumah.

Burung Cendet ini juga sangat mudah dalam pemeliharaan dan perawatannya. Untuk perawatan harian, Anda hanya perlu memandikan Cendet secara teratur dan jangan lupa untuk selalu membersihkan sangkarnya. Jika Anda ingin burung Cendet Anda cepat mengalami buka paruh, maka Anda bisa melakukan pemasteran dengan rutin.

Lantas, bagaimanakah cara membedakan burung Cendet yang berjenis kelamin jantan dan betina agar tidak salah dalam memilih? Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi. Di bawah ini akan diulas secara lengkap penjelasan terkait hal tersebut. Namun sebelum mengetahui penjelasan tersebut, sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri burung Cendet jantan dan betina terlebih dahulu.

Ciri-Ciri Burung Cendet Jantan

Sebelum mengetahui cara membedakan burung Cendet yang jantan dan betina, terlebih dahulu Anda harus mengetahui ciri-ciri burung Cendet jantan. Perlu diketahui bahwa Cendet jantan memiliki kepala yang datar dan terkesan ceper di bagian atas. Bagian dahi hingga tengkuknya berwarna hitam pekat, sehingga terkadang burung Cendet dikenal seperti memakai blangkon.

Bagian pipi Cendet jantan ini juga berwarna hitam. Selain itu, paruh Cendet jantan ini terkesan tebal di bagian ujungnya dengan paduan raut muka yang terlihat menyeramkan. Burung Cendet jantan juga mempunyai sorot mata yang sangat tajam. Umumnya, tingkah laku Cendet jantan ini lebuh agresif dan gesit jika dibandingkan betinanya.

Perlu Anda tahu bahwa Cendet jantan memiliki ekor yang berwarna hitam, khususnya burung Cendet yang masih anakan. Si jantan ini juga mempunyai tulang pubis yang kecil namun panjang. Saat diraba, tulang pubis ini akan terasa rapat, sempit, dan juga keras. Motif bulu yang ada di sekitar tulang pubis juga terkesan tidak beraturan.

Ciri-Ciri Burung Cendet Betina

Ciri-ciri burung Cendet betina yang pertama bisa dilihat dari bentuk kepalanya yang terlihat bulat dan menggelembung. Bulu di bagian kepala hingga tengkuk Cendet betina ini berwarna hitam, namun warnanya terkesan samar dan memudar. Begitu juga dengan bulu hitam di bagian pipi yang terlihat samar.

Bentuk paruh burung Cendet betina ini terlihat lebih tipis dari Cendet jantan. Namun, hal ini tidaklah pasti. Ada juga Cendet betina yang paruhnya tebal. Raut wajah dan sorot mata burung Cendet betina ini tampak biasa saja.

Ujung paruh Cendet betina relatif lebih tipis dari Cendet jantan. Namun, hal ini belum pasti karena sebagian besar Cendet betina juga memiliki paruh yang tebal. Selain itu, tingkah laku Cendet betina juga agresif. Namun tidak seagresif Cendet jantan.

Ekor burung Cendet betina juga berwarna hitam namun terlihat samar. Tulang pubisnya juga lebih renggang jika dibandingkan Cendet jantan. Saat diraba, tulang pubis si betina ini akan terkesan lunak. Motif bulu yang ada di sekitar tulang pubis si Cendet jantan ini terkesan teratur seperti bunga.

Artikel Lain

Cara Membedakan Burung Cendet yang Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri Fisik

1. Bentuk Kepala

Cara membedakan burung Cendet yang berjenis kelamin jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Burung Cendet jantan memiliki kepala yang terlihat datar dan sedikit ceper di atasnya. Sedangkan Cendet betina, bentuk kepalanya terlihat bulat dan menggelembung.

Selain itu, Cendet jantan juga mempunyai warna pada bagian dahi hingga tengkuk yang hitam pekat, karena hal inilah, Cendet jantan dikenal seperti blangkon. Untuk Cendet betina, bulu di bagian kepala hingga tengkuk ini berwarna hitam, namun warnanya terkesan samar dan memudar.

2. Paruh

Bentuk paruh juga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam cara membedakan burung Cendet yang jantan dan betina. Burung Cendet jantan memiliki paruh yang tebal, khususnya di bagian ujungnya. Sementara Cendet betina, paruhnya lebih tipis jika dibandingkan Cendet jantan. Namun, ada juga Cendet betina yang mempunyai paruh tebal.

3. Raut Wajah dan Sorot Mata

Cara membedakan burung Cendet yang jantan dan betina selanjutnya adalah melalui raut wajah dan juga sorot matanya. Cendet jantan memiliki raut wajah yang menyeramkan dengan sorot mata tajam. Sedangkan Cendet betina, raut wajah dan sorot matanya terkesan biasa saja.

4. Tingkah Laku

Tingkah laku dari burung Cendet juga dapat dijadikan patokan dalam cara membedakan burung Cendet yang jantan dan betina. Cendet jantan memiliki tingkah laku yang cenderung lebih agresif. Berbeda dengan Cendet betina yang agresif, namun tidak seagresif Cendet jantan.

5. Tulang Pubis

Cara membedakan burung Cendet yang jantan dan betina juga bisa dilihat dari tulang pubis. Cendet jantan memiliki tulang pubis yang jika diraba terkesan keras. Motif bulu yang ada di sekitar tulang pubis juga tidak beraturan. Sedangkan Cendet betina, memiliki tulang pubis yang jika diraba akan terkesan lunak dengan motif bulu di tulang pubis yang beraturan layaknya bunga.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait cara membedakan burung Cendet yang berjenis kelamin jantan dan betina. Sebelum mengetahui cara membedakannya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui ciri-ciri burung Cendet yang jantan dan betina. Semoga apa yang cenayangkicau.com bagikan dapat bermanfaat untuk Anda untuk membedakan burung Cendet agar tidak salah pilih saat membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *