Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan Dan Betina

Posted on

Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan Dan Betina – Banyak peminat burung kicau yang berpendapat bahwa burung kicau yang mampu berkicau dengan lantang dan merdu adalah burung kicau berjenis kelamin jantan. Hal ini juga terjadi pada burung Cipoh. Burung jantan mempunyai suara lantang yang lebih mumpuni. sirtu juga di sebut cipoh ini juga mempunyai keunggulan yang lebih jika dibandingkan dengan betinanya.

cenayangkicau.com

Perbedaan Burung Sirtu Jantan Dan Betina

Burung sirtu yang berwarna kuning kehijauan ini juga mempunyai suara kicauan yang sangat khas. Namun sayangnya, burung sirtu bukanlah burung kontes seperti burung pleci. Meskipun demikian, burung sirtu/cipoh ini tetap memiliki peminat yang tidak sedikit.

Burung sirtu yang berbadan mungil layaknya pleci ini dikenal sebagai pengicau yang banyak diminati. Hal ini dikarenakan suara kicau burung sirtu yang khas banyak dijadikan sebagai masteran untuk burung kicau lainnya. Misalnya untuk memasteri burung cendet, trucukan, dan lain sebagainya.

Untuk memilih burung sirtu ini sebagai master, lebih baik pilih yang berjenis kelamin jantan. Hal ini dikarenakan burung sirtu jantan bersuara lebih keras  dan memiliki banyak variasi. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan sebagai master.

Lantas, bagaimanakah cara membedakan burung sirtu antara jantan dan betina agar tidak tertukar? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Di sini kami akan berbagi penjelasan lengkap terkait hal tersebut. Namun sebelum mengetahui cara membedakan burung sirtu tersebut, Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari burung sirtu yang jantan dan betina terlebih dahulu.

Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan

Ciri-ciri burung sirtu jantan yang perlu Anda tahu adalah suara kicaunya yang sangat khas. Volume suara kicau si jantan juga sangat kuat dan lantang serta memiliki banyak variasi. Warna bulu burung sirtu terlihat sangat kontras dan pekat dengan aksen gars putih di bagian sayap yang semakin menambah ketegasan burung sirtu jantan.

Ekor dari burung sirtu tertutup rapat dengan gaya berdiri yang sangat tegap. Sehingga, burung sirtu jantan terlihat sangat gagah. Saat bertengger, jarak antara kaki kanan dan kirinya terlihat rapat saat bertengger. Burung sirtu ini memiliki tubuh yang relatif ramping dengan ukuran kepala yang besar.

Cara Membedakan Burung Sirtu Betina

Untuk burung sirtu betina, suara siulannya terdengar pendek dengan volume yang pelan dan tidak ada  variasi. Warna bulu si betina ini terlihat kusam dan pudar dengan bulu ekor yang sering mekar. Cara bediri si betina ini juga tidak segagah si jantan. Burung sirtu betina memiliki postur yang pendek dan bulat dengan kepala yang sedikit kecil.

Artikel Lain

Ciri-Ciri Sirtu Jantan dan Betina Yang Akurat

1. Warna Bulu

Cara membedakan burung sirtu antara jantan dan betina bisa dilihat dari warna bulunya. Namun hal ini tidak selamanya bisa dijadikan patokan. Membedakan burung sirtu jantan dan betina melalui warna bulu hanya efektif untuk burung sirtu hasil tangkapan hutan.

Untuk burung sirtu yang sudah dirawat dari lolohan cenderung sedikit sulit untuk membedakannya. Hal ini dikarenakan faktor perawatan sehari-hari. Misalnya seperti pemberian pakan yang berbeda, memandikan burung sirtu/cipoh yang dipelihara, dan lain sebagainya.

Warna bulu burung sirtu yang dipelihara cenderung sedikit kusam jika dibandingkan dengan hasil tangkapan di hutan. Warna bulu burung sirtu hasil tangkapan dari hutan akan terlihat cerah karena faktor akan, mandi, dan penjemuran yang terjadi secara alami.

2. Mulut dan Lidah

Warna mulut dan lidah juga dapat digunakan sebagai patokan dalam cara membedakan burung sirtu/cipoh yang jantan dan betina. Warna mulut dan lidah si jantan akan terlihat hitam pekat. Sementara untuk burung sirtu/cipoh  betina warna mulutnya memang hitam, namun warna lidahnya adalah putih.

Perlu diketahui bahwa cara membedakan burung sirtu melalui warna mulut dan lidah ini hanya efektif untuk burung yang berusia dewasa atau sekitar usia 1 tahun. Untuk burung sirtu yang berusia di bawah 1 tahun, akan sulit untuk melihat perbedaan jenis kelaminnya. Hal ini dikarenakan warna mulut dan lidah saat masih muda akan berwarna kemerahan.

3. Jumlah Anakan

Cara membedakan burung sirtu yang jantan dan betina juga dapat dilihat dari jumlah anakannya. Biasanya, peminat burung kicau akan memprediksi jenis kelamin burung sirtu berdasarkan jumlah anakan di sarangnya. Misalnya seperti burung yang memiliki anak tunggal, maka dipastikan anak tersebut berjenis kelamin jantan.

Namun faktanya, hal tersebut hanyalah sebuah prediksi atau perkiraan. Yang mana prediksi tersebut hanya didasarkan pada pengalaman kaum mayoritas. Bukan melalui hasil penelitian ilmiah yang sudah jelas kebenarannya.

Jadi, memprediksi jenis kelamin burung sirtu melalui jumlah anakannya tidak bisa menjadi patokan yang efektif dan akurat. Hal ini dikarenakan semua kemungkinan bisa terjadi. Kita tidak tahu hal apakah yang sudah terjadi mulai dari telur sampai menetas menjadi burung anakan.

4. Suara Kicauan

Cara membedakan burung sirtu yang berjenis kelamin jantan dan betina yang terakhir adalah melalui suara kicaunya. Suara kicau burung sirtu jantan dan betina pastinya berbeda.

Burung sirtu/cipoh jantan sudah bisa berkicau dengan suara yang khas dan merdu pada usia 5 sampai 6 bulan. Hal ini berbeda dengan si betina yang pada usia 3 bulan hanya bisa bersuara ngekrek. Burung sirtu betina juga bersiul dengan pelan dan tidak memiliki variasi dalam berkicau.

Itulah penjelasan lengkap cenayangkicau.com terkait Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan Dan Betina. Sebelum membedakan keduanya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui ciri-ciri burung sirtu jantan dan betina. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli burung sirtu namun masih bingung cara membedakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *