Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina Trotol

Posted on

Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina Trotol –  Sekarang ini, murai batu menjadi salah satu burung yang paling banyak diminati oleh penggemar burung kicau. Walaupun harga murai batu ini sedikit mahal, namun hal tersebut tidak menyurutkan minat para penggemar burung kicau untuk memelihara murai batu ini. Banyak peminat murai batu yang tidak keberatan dengan mahalnya harga burung ini. Mereka merasa bahwa harga mahal tersebut sebanding dengan kualitas murai batu ini.

Peminat murai batu banyak yang lebih memilih untuk memelihara murai batu trotol dari pada murai batu muda hutan. Hal ini dikarenakan murai batu trotol yang dipelihara akan lebih mudah dibentuk sesuai dengan keinginan kita sendiri. Murai batu trotol juga akan lebih jinak dan lebih cepat gacor. Mengapa demikian? Karena murai batu yang dipelihara dari trotol sudah terbiasa dengan kondisi lingkungan dan keberadaan manusia di sekelilingnya.

Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina Trotol

cenayangkicau.com

Sedangkan murai batu muda hutan tidak banyak dipilih untuk dipelihara karena sulit dibentuk. Karakter murai batu muda hutan ini juga sangat liat, sehingga untuk berani berkicau membutuhkan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan murai batu trotol.

Anda perlu mengetahui bahwa untuk memelihara murai batu trotol dengan tujuan untuk dilombakan atau dinikmati kicauannya, maka Anda harus memilih murai batu berkelamin jantan. Hal ini dikarenakan murai batu jantan dapat berkicau dengan merdu dan lantang, serta mempunyai banyak variasi dalam kicauannya.

Lantas, bagaimanakah cara membedakan murai batu trotol yang jantan dan betina agar tidak salah pilih? Untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait hal tersebut, simaklah ulasannya di bawah ini. Namun sebelum mengetahui hal tersebut, Anda perlu mengetahui ciri-ciri murai batu jantan dan betina trotol terlebih dahulu.

Ciri-Ciri Murai Batu Jantan Trotol

Sebelum mengetahui cara membedakan murai batu trotol yang jantan dan betina, Anda harus mengetahui ciri-ciri keduanya terlebih dahulu. Ciri-ciri murai batu jantan trotol yang pertama adalah bentuk kepala jantan terlihat lebih besar dengan mata yang juga besar dan memiliki sorot tajam.

Untuk paruhnya, murai batu jantan terlihat lebih tebal dan panjang. Warna bulunya yang hitam pada bagian kepala juga terlihat lebih mengkilap jika dibandingkan murai batu betina. Di bagian dadanya, murai batu jantan ditumbuhi bulu kuning kontras dengan warna totol hitam. Postur tubuhnya pun lebih besar dan berdiri dengan tegak dengan kicauan yang terdengar lebih ngebas dan kencang.

Ciri-Ciri Murai Batu Betina Trotol

Untuk mengetahui cara membedakan murai batu trotol yang jantan dan betina, Anda juga harus mengetahui ciri-ciri murai batu yang betina. Bentuk kepala murai batu betina terlihat lebih kecil dan bulat dari pada jantan. Matanya juga terlihat lebih kecil dengan sorot mata yang tampak sayu.

Paruh murai batu betina trotol terlihat lebih tipis dan lancip. Berbeda dengan murai batu jantan yang warna bulunya sangat kontras, warna bulu hitam si betina terlihat keabu-abuan. Warna bulu dadanya juga terlihat kuning pudar. Dengan postur tubuh yang lebih kecil, maka kicauan murai batu betina ini lebih lemah dan terdengar sedikit cempreng.

Artikel Lain

Cara Membedakan Murai Batu Trotol yang Jantan dan Betina dengan Mudah

1. Bentuk Kepala

Cara membedakan murai batu trotol yang jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Bentuk kepala si jantan, terlihat lebih besar dan lebih lebar. Berbeda dengan bentuk kepala murai batu betina yang terlihat lebih kecil dan membulat.

2. Mata

Perlu Anda ketahui bahwa mata murai batu jantan terlihat lebih besar dan terlihat melotot. Sorot matanya pun cenderung sangat tajam. Sedangkan murai batu betina, matanya terlihat lebih kecil dan sipit, sorot matanya pun terkesan sayu.

3. Bentuk Paruh

Paruh juga dapat dilihat sebagai patokan dalam cara membedakan murai batu trotol yang jantan dan betina. Bentuk paruh murai batu jantan akan terlihat lebih panjang dan tebal. Jika dilihat dari atas, akan terlihat bagian pangkal dari paruhnya yang terkesan melebar. Sementara untuk bentuk paruh murai batu yang betina, terlihat lebih tipis dan lancip jika dilihat dari atas kepala.

4. Warna Bulu

Warna bulu murai batu yang jantan adalah warna hitam, khususnya pada bagian punggung dan kepala. warna hitam ini pun terlihat lebih pekat dan sangat mengkilap saat terkena cahaya matahari. Untuk warna bulu murai batu betina, warna bulu hitam pada bagian kepala dan punggung terlihat sedikit abu-abu dan juga tidak mengkilap.

5. Bulu Pada Dada

Cara membedakan murai batu trotol yang selanjutnya juga bisa dilihat dari bulu pada dadanya. Bulu pada bagian dada si jantan terlihat kuning kontras dengan disertai warna totol hitam yang pekat di bagian lehernya. Berbeda dengan bulu pada dada si betina yang terlihat kuning pudar dan sedikit keputihan. Di lehernya juga ada garis totol yang berwarna hitam keabu-abuan dan terlihat pudar.

6. Postur Tubuh

Perlu Anda ketahui dan pahami perbedaan murai batu yang jantan dan betina dari postur tubuhnya. Postur tubuh murai batu jantan tergolong lebih besar jika dibandingkan betina. Si jantan juga akan selalu berdiri tegak dengan membusungkan dadanya. Berbeda dengan postur tubuh betina yang terlihat lebih kecil.

7. Suara Kicau

Kicau dari murai batu juga dapat dijadikan patokan dalam cara membedakan murai batu trotol yang jantan dan betina. Suara kicauan murai batu jantan terdengar lebih lantang dan lebih ngebas. Berbeda dengan suara kicau si betina yang terdengar lebih lemah dan cempreng.

Itulah pembahasan lengkap cenayangkicau.com terkait cara membedakan murai batu trotol yang jantan dan betina. Sebelum membedakan keduanya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui ciri-ciri murai batu jantan dan betina. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli murai batu jantan namun masih bingung cara membedakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *