Cara Membedakan Perkutut Jantan dan Betina

Posted on

Cara Membedakan Perkutut Jantan dan Betina – Untuk membedakan antara perkutut jantan dan betina memang terkesan agak susah. Hal ini dikarenakan perkutut jantan dan betina ini penampilan fisiknya hampir sama. Meskipun sulit, membedakan perkutut ini lebih mudah jika dibandingkan membedakan lovebird jantan dan betina. Terkadang lovebird ini tidak sesuai dengan prediksi.

Membedakan Perkutut Jantan dan Betina

cenayangkicau.com

Hal ini berbeda dengan burung perkutut yang hasil prediksinya hampir akurat. Untuk membedakan perkutut antara jantan dan betina bisa dilakukan melalui ciri-ciri fisiknya. Hal ini dikarenakan ada beberapa ciri fisik perkutut yang menjadi pembeda antara jantan dan betina.

Jika Anda ingin mendapatkan burung perkutut dengan suara yang lebih lantang dan merdu, serta memiliki banyak variasi, sebaiknya Anda memilih perkutut jantan. Mengapa harus perkutut jantan? Karena suara kicauan yang dimiliki oleh perkutut betina cenderung bervolume rendah dan monoton. Maka dari itulah, jangan salah dalam memilih perkutut jantan dan betina.

Lantas, bagaimanakah cara membedakan perkutut yang berjenis kelamin jantan dan betina agar tidak salah dalam memilih? Anda tidak perlu khawatir lagi. DI bawah ini akan diulas penjelasan lengkap terkait perbedaan perkutut jantan dan betina. Namun sebelum mengetahui cara membedakan perkutut tersebut, Anda harus mengetahui ciri-ciri burung perkutut jantan dan betina terlebih dahulu.

Ciri-Ciri Perkutut Jantan

Ciri-ciri perkutut jantan yang perlu Anda ketahui pertama adalah dari segi mukanya. Jika diperhatikan dengan saksama, raut muka burung perkutut jantan akan terlihat sangat tegas dan garang. Kulit yang berada di sekitar mata perkutut juga akan terlihat bulat dan menebal. Hal ini membuat sorot mata perkutut jantan terlihat tajam.

Bola mata perkutut jantan terkesan melotot dengan garis paruh yang sejajar dengan mata. Perkutut jantan mempunyai bulu putih yang sedikit keabu-abuan di bagian kepala. hal ini membuat perkutut jantan terlihat lebih terang. Si jantan ini juga mempunyai kepala yang pipih dan terlihat besar.

Untuk ukuran tubuh, perkutut jantan terkesan lebih besar dan lebih gagah. Tulang pubis si jantan juga terkesan keras dan lebih rapat. Saat dewasa, si jantan ini akan menunjukkan tingkah khas saat dekat dengan betina. Yaitu berbunyi dengan menganggukkan kepala atau yang dikenal dengan istilah mbekur.

Ciri-Ciri Perkutut Betina

Perkutut betina mempunyai raut muka yang terkesan sayu dan tidak bersemangat. Kulit di sekitar matanya pun juga terlihat tipis dengan bola mata yang terlihat kecil. Ukuran tubuh perkutut betina ini juga lebih kecil jika dibandingkan si jantan. Si betina ini memiliki garis paruh yang berada di bawah mata.

Warna bulu di bagian kepala pada perkutut betina ini tidak menyeluruh. Hal ini membuat warna si betina ini terkesan pucat. Perkutut betina juga mempunyai kepala yang kecil dan membulat dengan warna yang lebih gelap jika dibandingkan dengan si jantan. Untuk tulang pubisnya, si betina ini memiliki tulang pubis yang lebar dan terkesan lunak saat ditekan dengan jari.

Artikel Lain

Cara Membedakan Perkutut Jantan dan Betina dengan Ampuh

1. Warna Putih di Atas Paruh

Cara membedakan perkutut yang jantan dan betina yang pertama adalah melalui warna putih yang ada di atas paruh perkutut. Pada umumnya, warna putih di atas paruh ini akan mencapai pelipis jika burung perkutut jantan.

Hal ini berbeda dengan ciri yang ada di perkutut betina. Selain hal itu, warna bulu yang ada di bagian kepala perkutut jantan lebih terang dan kontras. Berbeda dengan warna bulu kepala si betina yang terkesan lebih gelap.

2. Supit Udang atau Tulang Pubis

Tulang pubis juga dapat dijadikan sebagai patokan dalam cara membedakan perkutut yang jantan dan betina. Jika tulang pubis terasa lunak saat disentuh, maka kemungkinan besar hal tersebut menandakan burung perkutut betina.

Berbeda dengan tulang pubis perkutut jantan yang terkesan lebih keras saat disentuh. Anda perlu tahu bahwa tulang pubis burung perkutut dikatakan sempurna jika tulang pubis ini mempunyai panjang yang sama dengan letak yang sejajar. Namun, ada juga bururng perkutut yang memiliki tulang pubis tidak sejajar.

3. Postur Tubuh

Cara membedakan perkutut yang jantan dan betina juga dapat dilihat dari postur tubuhnya. Pada umumnya, burung perkutut betina mempunyai postur tubuh yang terkesan lebih kecil jika dibandingkan dengan postur tubuh perkutut jantan. Namun, hal ini kurang efektif jika untuk membedakan burung perkutut yang masih piyik.

4. Suara Kicau

Suara kicau perkutut juga dapat dijadikan sebagai cara membedakan perkutut yang jantan dan betina. Perlu Anda ketahui bahwa burung perkutut memang mempunyai suara yang sangat khas. Namun ada perbedaan antara suara kicauan perkutut jantan dan betina.

Suara kicau perkutut jantan akan terdengar lebih lantang dan keras. Selain itu, kicauan si jantan juga memiliki banyak variasi. Berbeda dengan kicauan perkutut betina yang volumenya terdengar lebih kecil dan tidak mempunyai variasi. Jadi si betina ini terkesan monoton.

5. Paruh dan Ekor

Cara membedakan perkutut yang jantan dan betina adalah melalui paruh dan ekornya. Burung perkutut berjenis kelamin jantan mempunyai bentuk paruh yang lebih panjang, tebal, dan terkesan melengkung. Sementara untuk burung perkutut betina, paruhnya terkesan lebih pendek dengan bentuk yang lurus. Si betina ini juga mempunyai ekor yang sangat pendek.

Demikianlah pembahasan lengkap cenayangkicau.com terkait cara membedakan perkutut yang berjenis kelamin jantan dan betina. Selain itu, ada pula ulasan terkait ciri-ciri perkutut jantan dan betina. Hal ini penting untuk Anda ketahui agar tidak salah dalam membeli burung perkutut. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *