Cara Mudah Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina

Posted on

Cara Mudah Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina – Burung pleci merupakan salah satu spesies burung kicau yang banyak diminati oleh para pecinta burung kicau. Burung pleci ini banyak diminati dengan tujuan untuk dilombakan dan hanya dipelihara biasa. Banyak yang merasa bahagia setelah memelihara burung kicau satu ini. Hal ini dikarenakan suara pleci jantan dan betina sangat mudah berkicau dengan suara yang sangat merdu. Harga burung pleci ini pun juga mudah dijangkau.

Jika Anda ingin memelihara burung pleci dengan tujuan untuk diadu dan didengarkan kicauannya yang merdu, maka Anda harus memilih burung pleci dengan benar. Jika Anda memelihara burung pleci dengan tujuan ingin mendengar kicauannya yang merdu, seharusnya Anda memilih burung pleci yang berjenis kelamin jantan.

Gambar Pleci Jantan dan Betina

Hal ini dikarenakan burung pleci yang berkelamin jantan memiliki kemampuan berkicau dengan suara yang sangat merdu dan gacor. Sedangkan burung pleci betina, tidak bisa berkicau seperti yang Anda inginkan. Itulah alasan mengapa Anda harus selektif memilih burung pleci yang jantan.

Lantas, bagaimanakah cara mudah membedakan burung pleci yang jantan dan betina agar tidak tertukar? Untuk mengetahui penjelasan terkait hal tersebut, simaklah ulasan lengkapnya di bawah ini. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri burung pleci jantan dan betina terlebih dahulu.

Ciri-Ciri Burung Pleci Jantan

Sebelum membedakan burung pleci yang jantan dan betina, Anda harus mengetahui ciri-ciri burung pleci jantan terlebih dahulu. Pada umumnya, burung pleci jantan memiliki ekor yang berbentuk lancip pada bagian ujungnya. Ekor pleci jantan ini juga berbentuk huruf V. Kepala pleci jantan akan terlihat lebih besar dan bulat dari pada pleci betina.

Untuk klep di bagian mata, pleci jantan ini terlihat tebal di bagian bawah dan putus-putus. Dubur pleci jantan akan terlihat memanjang dan lebih berbulu. Sementara itu, ukuran paruh pleci jantan akan terlihat lebih pendek dengan badan yang lebih panjang. Perlu Anda ketahui bahwa warna bulu pleci jantan akan terlihat lebih tajam dengan warna tenggorokan yang hitam di bagian kanan dan kiri.

Ciri-Ciri Burung Pleci Betina

Ciri-ciri burung pleci betina juga harus Anda ketahui untuk dapat membedakan jenis kelamin keduanya. Umumnya, pleci betina memiliki ekor yang pendek dengan ujung yang rata. Kepala si betina juga terlihat lebih kecil. Untuk klep pada bagian mata tidak terputus dan terlihat sedikit tebal.

Dubur pleci betina lebih kecil dengan sedikit bulu. Namun, ukuran paruhnya jauh lebih panjang dari pada si jantan. Perlu Anda tahu bahwa warna bulu pleci betina akan terlihat lebih kusam. Ukuran badan betina lebih pendek dan bulat dengan tenggorokan yang berwarna merah muda.

Cara Mudah Membedakan Burung Pleci yang Jantan dan Betina Berdasarkan Fisik

1. Ekor Pleci

Cara mudah membedakan burung pleci yang jantan dan betina yang pertama adalah dari bentuk ekornya. Burung pleci jantan akan mempunyai ekor yang lebih panjang dari pada burung pleci betina. Selain itu, bentuk ekor burung pleci jantan berujung lebih runcing seperti huruf V. Sementara untuk bentuk ekor burung pleci betina terlihat lebih pendek dengan ujung yang rata.

2. Kepala Pleci

Bentuk kepala burung pleci jantan akan terlihat lebih besar dan bulat dengan bentuk paruh yang terlihat kasar. Sementara burung pleci betina akan terlihat lebih kecil dan ramping jika dibandingkan dengan pleci jantan.

3. Klep Mata Pleci

Klep mata juga dapat digunakan sebagai cara mudah membedakan burung pleci yang jantan dan betina. Dengan adanya klep di sekitar mata pleci, maka burung pleci sering dikenal sebagai burung kaca mata. Burung pleci jantan biasanya mempunyai klep mata yang tebal dan terlihat putus-putus. Sedangkan burung pleci betina umumnya mempunyai klep mata yang lebih tebal dan tidak putus-putus.

4. Paruh Pleci

Paruh burung pleci betina akan terlihat lebih memanjang dari pada paruh burung pelci betina yang berbentuk lebih pendek dan tebal.

5. Tubuh Pleci

Ukuran tubuh pleci jantan umumnya lebih besar dan panjang. Sedangkan pleci betina memiliki ukuran tubuh yang pendek dan agak bulat.

6. Warna Bulu

Cara mudah membedakan burung pleci yang berjenis kelamin jantan dan betina juga dapat dilihat dari warna bulunya. Warna bulu pleci jantan akan terlihat lebih cerah dan sangat mencolok. Berbeda dengan warna bulu pleci berkelamin betina yang terlihat lebih kusam.

7. Pen atau Dubur

Burung pleci jantan mempunyai dubur yang terlihat memanjang dan terdapat banyak bulu. Sementara dubur pleci betina memiliki bentuk yang kecil dengan sedikit bulu. Hal ini berfungsi untuk memudahkan penetrasi burung pleci.

Artikel Lain

Cara Mudah Membedakan Burung Pleci yang Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku

1. Suara

Cara mudah membedakan burung pleci antara jantan dan betina juga bisa dilihat dari suaranya. Suara burung pleci jantan akan terdengar lebih nyaring jika dibandingkan dengan pleci betina. Namun perlu diketahui, untuk membedakan burung pleci melalui suara dibutuhkan pengamatan yang sangat jeli dan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

2. Agresif dan Lincah

Perlu diketahui bahwa burung pleci jantan akan terlihat lebih agresif dan lincah. Pleci jantan juga lebih senang bertarung dengan sesama pleci jika berada di dalam kandang. Berbeda dengan burung pleci betina yang terlihat lebih kalem.

3. Semprotan Air

Cara mudah membedakan burung pleci yang jantan dan betina yang terakhir adalah dengan menyemprotkan air ke kepala pleci. Jika setelah disemprot terlihat jambul dengan pupil mata yang mengecil, maka hal itu menandakan bahwa burung pleci tersebut berjenis kelamin jantan.

Demikianlah pembahasan lengkap dari cenayangkicau.com terkait cara mudah membedakan burung pleci yang jantan dan betina. Selain itu, untuk memudahkan dalam membedakan burung pleci, Anda harus memperhatikan ciri-ciri burung pleci jantan dan betina terlebih dahulu. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *