Cara Memilih Bakalan Perkutut yang Bagus

Posted on

Cara Memilih Bakalan Perkutut yang Bagus  – Tidak seperti membeli jenis burung yang lain, pada saat kita akan membeli perkutut ini harus jeli dan ketelatenan agar tidak kecewa ketika sudah membelinya. Ada baiknya sebelum membeli bakalan perkutut yang baik kita perlu memperhatikan kriteria.

Cara Memilih Bakalan Perkutut yang Bagus

Cara Memilih Bakalan Perkutut yang Bagus

Kriteria yang pertama yaitu adalah jika kita memilih bakalan perkutut yang baik untuk konkurs harus memilih yang jantan. Selain itu bakalan ini selalu identik dengan piyik, piyik sendiri juga memiliki kriteria yang dapat dikategorikan dari umur perkutut baru menetas hingga usianya mencapai lima bulan, maka dari itu untuk memilih bakalan perkutut yang baik itu harus memperhatikan  dang mempunyai pengetahuan jenis bakalan yang akan dibeli sehingga kita tidak sembarangan.

Kita juga bisa membeli bakalan perkutut yang baik di mulai dari umur masih beberapa atau baru menetas atau saat perkutut berumur sekitar lima bulan saat burung tersebut mulai mengeluarkan suaranya yang asli.

Cara Memilih Bakalan Perkutut

1. Bedakan Antara Bakalan Perkutut Jantan Dan Betina

Biasanya pembeli burung perkutut akan memilih perkutut yang dapat dilombakan maupun hanya didengar suaranya saja dapat memilih perkutut jantan.

Si jantan ini memiliki suara yang nyaring dan agak besar. Dalam memilih bakalan perkutut yang baik ini memang diperlukan ketelitian karena terkadang agak sulit untuk membedakan bakalan perkutut betina dan jantan.

Bagi orang awam atau baru mengetahui tentang perkutut ini tidak jarang merasa kesulitan ketika membedakan jenis kelamin burung ini. Untuk membedakan antara bakalan perkutut jantan atau betina dapat dilakukan dengan memeriksa tulang yang di bagian bawah dubur atau yang disebut supit.

Jika jarak supit tersebut memiliki lebar seukuran jari tangan atau sekitar 1 cm bisa dipastikan itu adalah bakalan perkutut betina. Sedangkan bakalan perkutut jantan memiliki supit yang hampir bersentuhan atau rapat. Cara memilih bakalan perkutut yang baik dengan mengecek supit tersebut hanya bisa dilakukan saat bakalan sudah mencapai umur empat bulan.

2. Di Lihat Dari Supitnya

Cara memilih bakalan perkutut yang baik dengan memeriksa supitnya saat bakalan sudah mencapai umur empat bulan hingga di atas enam bulan akan cukup mudah, karena supit pada bakalan perkutut jantan yang akan menyempit dengan sendirinya sehingga akan sangat mudah untuk membedakannya dengan bakalan perkutut betina.

Bakalan perkutut jantan yang berumur menjlang dewasa ini dapat dilihat dari bentuk fisik, suara, bentuk kepala maupun bola mata. Karena bola mata yang dimiliki bakalan perkutut jantan memiliki sorot mata yang tajam dan lebih menonjol. Sedangkan untuk bakalan perkutut betina ini memiliki bentuk fisik , bentuk kepala  yang lebih kecil dari bakalan perkutut jantan serta suara dari bakalan perkutut jantan ini lebih keras.

3. Dilihat Dari Supit Yang Sempuna

Untuk memilih bakalan perkutut yang baik ini bisa dilihat dari supit yang sempuna atau yang supitnya memiliki letak yang sejajar dan panjang yang sama. Sebaiknya jika supit pada bakalan perkutut jantan ini memiliki letak yang tidak sejajar dan salah satu ukurannya lebih pendek.

Dengan begitu jarang orang yang memilih kualitas bakalan perkutut yang bisa dibilang cacat dalam tubuh atau cacat dalam katuranggan meskipun bakalan perkutut tersebut memiliki suara yang bagus.

4. Di Lihat Dari Induk Bakalan Perkutut

Cara memilih bakalan perkutut yang baik bisa dilakukan saat burung masih berumur baru beberapa hari atau kurang dari satu bulan. Namun, terkadang membeli bakalan perkutut pada umur tersebut kurang disukai karena untuk menghindari resiko gambling yang tinggi kecuali jika induk dari bakalan perkutut tersebut telah menghasilkan juara.

Biasanya induk yang melahirkan juara tidak jarang juga bakalan perkutut ini akan bisa menjadi juara pula meskipun dibeli langsung. Untuk yang menginginkan bakalan perkutut yang baik itu biasanya pembeli harus memesan atau membooking terlebih dahulu.

Artikel Lain

Biasanya untuk membeli bakalan perkutut yang baik ini para pembeli akan memseannya pada peternak yang kualitasnya sudah terjamin. Ada pula peternak yang akan bersedia menukarnya jika bakalan burung perkutut yang kita terima tidak sesuai atau kualitasnya jelek.

Cara memilih bakalan perkutut yang baik ini kita bisa membeli bakalan perkutut yang aman ini bisa pada peternak yang sering menghasilkan bakalan perkutut yang baik dan juara. Namun, untuk mendapatkan kualitas bakalan perkutut yang baik kita harus siap merogoh kocek yang cukup dalam dan harus antre.

5. Perkutut Sudah Berumur 1 Sampai 1,5 Bulan

Cara memilih bakalan perkutut yang baik bisa di beli saat bakalan perkutut sudah berumur 1 sampai 1,5 bulan. Bakalan burung perkutut masih bersuara mirip dengan suara angin. Bagi orang yang paham soal burung perkutut ini pastinya akan bisa menebak suara saat dewasa nanti.

Untuk itu sangat dibutuhkan kejelian ketika kita akan memilih bakalan perkutut yang baik. Anda juga bisa membeli bakalan perkutut yang baik ketika sudah mencapai 1,5 sampai 2 bulan, karena suara bakalan perkutut ini sudah mulai agak jelas meskipun belum menunjukkan suara perkutut dewasa yang asli.

Biasanya bakalan perkutut yang baik dan berumur dewasa banyajk dijual di show room, pasar burung maupun peternakan. Di tempat tersebut bakalan perkutut dewasa dijual dengan berbagai harga, kualitas dan jenisnya.

Jika Anda ingin bakalan perkutut dewasa ini kita harus mempertimbangkannya terlebih dahulu apakah bakalan perkutut akan dilombakan di arena konkurs perkutut atau hanya didengar bunyinya saja. Apabila ingin menikmati suaranya saja dapat membeli bakalan perkutut yang baik dan harganya yang murah.

Demikianlah cara memilih bakalan perkutut yang bagus yang cenayangkicau.com sampaikan dan bisa Anda lakukan. Ternyata, sangat banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilihnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *