Cara Memilih Merpati Balap Yang Berkualitas Juara

Posted on

Merpati Balap – Dalam memilih burung merpati balap yang berkualitas juara, ciri-ciri merupakan salah satu yang akan menjadi patokan utamanya. ciri ciri merpati balap yang berkualitas dapat dilihat dan di deteksi dari bentuk fisik Merpati Balap yang ideal.

Tetapi, selain faktor fisik burung Merpati Balap yang mendukung, merpati balap dapat menjadi juara dengan memiliki pelatihan yang tepat dan sabar untuk melakukan serangkaian latihan.

Cara Memilih Merpati Balap Yang Berkualitas Juara

Cara Memilih Merpati Balap Yang Berkualitas Juara

Untuk mengetahui cara membuat merpati balap terbang cepat, di bawah ini kami akan berbagi informasi terkait hal tersebut. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi keberhasilan merpati balap untuk menjadi juara.

Faktor-Faktor Keberhasilan Merpati Balap

 

1. Faktor trah atau keturunan

Faktor trah atau keturunan sangatlah penting karena faktor genetik juga mempengaruhi, namun tetap saja jika merpati balap tidak dirawat dan dilatih dengan baik hal tersebut tidak akan berguna. Anda dapat mengetahui silsilah burung merpati balap dengan  langsung menanyakan kepada penjual burung nya.

Burung yang memiliki trah biasanya dibandrol dengan harga yang lebih mahal karena burung bertrah juga perlu melalui proses yang panjang.

Baca juga : Cara Merawat Merpati Bertelur Hingga Menetas

Namun anda harus tetap memperhatikan fisik dari burung trah, karena jika memiliki trah yang bagus namun fisik yang tidak bagus bisa saja anda dibohongi dengan penjualnya. Karena trah dan fisik akan memperkuat kualitas burung balap.

2. Faktor fisik

Burung merpati balap adalah burung yang didedikasikan untuk beradu kecepatan. Maka dari itulah, burung merpati balap ini harus memiliki fisik yang bagus dan kuat.

Ciri Ciri Merpati Balap

 

1. Postur tubuh

Cara memilih merpati balap yang pertama adalah dengan memilih postur tubuh. Burung merpati balap yang memiliki fisik yang baik harus memiliki postur tubuh yang ideal secara keseluruhan, yang dimaksud ideal adalah tidak terlalu gemuk juga tidak terlalu kurus. Tidak terlalu montok juga tidak terlalu kecil.

Dengan postur tubuh merpati balap yang ideal akan mendukung performa burung merpati balap saat terbang sehingga dapat memiliki kecepatan yang cepat, lincah dan bebas hambatan.

2. Leher

Leher juga termasuk ke dalam hal yang diperhatikan dalam cara memilih merpati balap. Ukuran dan bentuk leher sangat mempengaruhi kelincahan burung merpati saat terbang. Seperti postur tubuh, leher burung harus memilki ukuran yang ideal.

Baca juga : Perawatan Burung Merpati Kolong Sebelum Lomba

Leher yang terlalu panjang akan menghambat performa burung karena terbangnya tengok kanan tengok kiri alias kurang fokus. Leher bagi burung merpati adalah seperti stang kemudi yang mengarahkan kemana burung merpati akan terbang.

3. Badan dan dada yang tegap

Cara memilih merpati balap selanjutnya adalah dengan memperhatikan badan dan dada merpati balap. Burung merpati balap yang berkualitas juara biasanya memiliki badan yang tegap dan gagah. Postur badan yang seperti ini ternyata dapat membantu kelincahan dan kecepatan merpati balap saat terbang.

Merpati balap yang terlalu berat akan memperlambat performa burung ketika terbang dan jika terlalu ringan juga akan membuat performa burung tidak seimbang atau mudah teralihkan.

Merpati balap yang memiliki badan dan dada yang tegap akan mempengaruhi keindahan burung saat terbang dan itu memberi kepuasan sendiri untuk para pemilik atau penonton.

4. Sayap

Sayap burung merpati balap yang baik adalah cukup panjang. Bagian ini juga harus diperhatikan dalam cara memilih merpati balap. Cara menentukan panjang sayap yang ideal adalah dengan melihat posisi panjang sayap yang sama dengan ujung ekor atau jika tidak, panjang sayap tidak terlalu jauh dari ujung ekor.

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah kehalusan bulu sayap, kelenturan sayap dengan ujung sayap agak meruncing, tulang bulu kuat, bulu kering tetapi seperti ada lapisan lilin sehingga tidak cepat rusak.

Hal lain yang berhubungan dengan sayap burung merpati balap yang berkualitas juara adalah sirip sayap pada tepi sayap burung merpati balap harus berbentuk lurus, tidak melengkung.

Pada umumnya sirip bagian luar burung merpati berbentuk melengkung, tetapi burung merpati balap yang berkualitas memilki bentuk yang lurus dan penuh. helai paling luar dari sayap burung merpati balap memiliki panjang yang lebih pendek dari helai yang ada di dalamnya.

Pada burung merpati balap yang bersayap baik, helai paling luar dari bulu sayap memiliki panjang yang paling panjang dari helai lainnya.

Sayap merupakan faktor penting yang menentukan kecepatan burung ketika terbang karena yang paling digunakan untuk terbang adalah sayap yang kuat.

5. Kepala

Usahakan untuk mencari merpati balap yang memiliki kepala besar, dengan disertai batok kepala depan yang lebih tinggi dari kepala bagian belakang. kepala yang besar dipercaya memiliki otak yang lebih pintar, hal tersebut diperlukan untuk strategi burung agar dapat terbang lebih cepat.

Baca juga : Download Suara Perkutut Lokal Manggung Panjang

6. Mata

Mata dari merpati balap juga harus diperhatikan dalam cara memilih merpati balap. Anda dapat memilih mata yang tajam dan kecil dengan disertai pupil yang bulat berwarna hitam legam serta tidak pecah.

Warna mata yang ada di luar pupil harus bersih dan terang. Misalnya seperti warna kuning, atau kuning campur merah, atau salah satu dari tiga warna tersebut.

Burung merpati yang memiliki ciri-ciri bentuk dan warna tersebut diyakini punya indra yang tajam dan mental petarung yang handal. Hal yang harus dihindari dalam pemilihan warna adalah warna hitam karean untuk melihat perlu untuk menkedap-kedipkan mata untuk melihat dekat jauhnya yang artinya tidak memilki penglihatan yang tajam.

7. Pinggang atau brutu

Keidealan pinggang merpati ternyata juga mempengaruhi kestabilan terbang. Pinggang jarak renggang dari badan akan mengganggu keseimbangan burung ketika terbang karena akan menyebabkan merpati kesusahan pada saat turun karena lambat atau turun berbelok separuh jalan atau tidak ada rem.

Maka dari itulah, Anda harus memilih pinggang merpati balap yang mempunyai badan rapat, baik itu pinggang besar atau kecil. Burung merpati balap yang berciri-ciri seperti ini memiliki kemampuan turun dengan cepat dan seimbang.

Demikianlah beberapa cara memilih merpati balap yang berkualitas juara yang dapat cenayangkicau.com sampaikan dan bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam memilih merpati balap yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *