Cara Mempercepat Mabung Kacer Agar Cepat Selesai

Posted on

Cara Mempercepat Mabung Kacer Agar Cepat Selesai – Burung kacer merupakan salah satu dari jenis burung kicauan yang juga mengalami fase mabung semasa hidupnya. Fase mabung ini juga biasa disebut sebagai molting. Sebenarnya, banyak dari pecinta burung kacer yang belum mengetahui dengan cara merawat kacer yang berkaitan dengan mabung ini, terutama pecinta burung kacer yang masih sangat awam.

Cara Merawat Kacer Mabung

Cara Mempercepat Mabung Kacer Agar Cepat Selesai

Karena proses mabung burung kacer ini adalah suatu proses yang alamiah, maka Anda harus mengetahui cara mempercepat mabung kacer. Hal ini dilakukan agar proses mabung tersebut cepat selesai.

Perlu diketahui bahwa mabung merupakan suatu proses pergantian bulu burung yang sudah lama dengan bulu burung yang baru, segar, dan mengkilap. Untuk sebagian burung kacer, proses mabung ada kalanya berjalan dengan lambat karena bulu yang tidak cepat rontok.

Untuk cara merawat kacer yang mabung memang tidak boleh dilakukan dengan asal, Anda harus memiliki pengetahuan terkait cara merawat burung kacer mabung dan juga cara mempercepat mabung kacer.

Dalam periode hidupnya, burung kacer ini mengalami proses mabung beberapa kali. Jika burung kacer Anda sedang mengalami mabung, Anda tidak perlu merasa khawatir secara berlebihan. Karena sebenarnya cara merawat kacer mabung agar cepat selesai ini ternyata tidak susah.

Kuncinya adalah sebuah ketelatenan dan konsistensi saat memberikan perawatan kacer mabung. Karena perawatan yang diberikan pada kacer mabung ini adalah sebuah terapi, maka hasil yang didapatkan tidaklah secara instan.

Lantas apakah Anda mengetahui bagaimana cara mempercepat mabung kacer agar cepat selesai? Untuk mengetahui informasi lengkap terkait hal tersebut, di sini kami berbagi penjelasannya. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kacer yang mengalami proses mabung.

Ciri-Ciri Kacer Mabung

Burung kacer yang sedang mengalami proses mabung akan terlihat tidak bergairah. Burung kacer ini juga tidak mempunyai semangat dalam bergerak dan juga berkicau dengan gacor. Hal ini lumrah terjadi, sama juga dengan kenari mabung.

Hal yang terjadi pada beberapa burung kacer menjelang mabung itu berbeda. Terkadang burung kacer akan sangat ngotot dalam berkicau. Ada juga burung kacer yang menjelang proses mabung terlihat seperti gelisah dan tampak seperti mengalami ketakutan.

Bulu kacer yang akan mabung juga terlihat sedikit kusam, bulunya juga tampak tidak mengkilap dan terkadang juga terlihat tidak rapi. Bulu burung kacer yang akan mabung akan terlihat sangat berantakan.

Sementara hal yang terjadi pada bulu-bulu yang kecil adalah bulu tersebut akan berjatuhan sekitar 1-4 helai. Hal ini akan terus bertambah setiap harinya, sementara untuk bulu sayap dan ekor burung kacer ini akan tampak pecah-pecah.

Selain bulu yang mengalami kerontokan, mata burung kacer mabung pun akan tampak sayu seakan tatapan tersebut kosong.

Jika ciri-ciri tersebut terjadi kepada burung kacer Anda, Anda tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan. Sebagai pemilik yang memeprhatikan kesehatannya, Anda harus melakukan perawatan pada burung kacer yang mengalami mabung tersebut.

Hal ini dikarenakan perawatan yang Anda lakukan kepada burung kacer yang mabung ini akan menentukan kualitas burung kacer setelah selesai mabung. Anda harus mengetahui cara merawatnya dengan benar. Bahkan, kalau diperlukan Anda harus mengetahui cara mempercepat mabung kacer agar cepat selesai.

Cara Mempercepat Mabung Kacer

Cara merawat mabung kacer agar cepat selesai sebenarnya harus diawali dengan beberapa teknik. Salah satunya adalah teknik memandikan mabung kacer dengan benar. Teknik memandikan kacer mabung dengan benar ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Hal ini dikarenakan agar bulu kacer mabung yang belum rontok dapat segera rontok, sehingga proses mabung pada burung kacer ini cepat selesai. Dalam memandikan burung kacer yang mabung tidak boleh asal memandikan, karena ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan.

Salah satu bahan yang dibutuhkan dalam cara mempercepat mabung kacer adalah kelapa yang sudah tua. Ciri-cirinya yaitu kulit buah kelapa yang sudah mengering sebagian dan berat kelapa juga sangat ringan.

Cara penggunaannya yaitu dengan memecah kelapa tersebut. Kemudian ambillah air kelapa lalu masukkan ke dalam semprotan yang biasanya digunakan untuk memandikan burung pada umumnya.

Artikel Lain

Setelah air kelapa sudah ada dalam semprotan, langkah selanjutnya dalam cara mempercepat mabung kacer adalah dengan memandikan burung kacer ini. Cara memandikan burung kacer yang benar adalah burung dikeluarkan dari sangkar dan pegang dengan hati-hati burung kacer tersebut.

Selanjutnya, semprotlah burung kacer dengan air kelapa sampaii semua bagian tubuh burung kacer basah kuyup. Jangan lupakan bagian kepala, badan, hingga ekornya.

Setelah itu, masukkan air hangat dalam sebuah wadah yang khusus dan letakkan air hangat tersebut di dalam sangkar burung kacer. Lalu, masukkan kembali burung kacer yang sudah disemprot air kelapa tadi ke dalam sangkar. Setelah itu, biarkan burung kacer yang mabung itu mandi sendiri dengan air hangat yang sudah disiapkan.

Cara Merawat kacer Mabung

Setelah proses mandi burung kacer yang mabung selesai, bagian terakhir dalam cara perawatan mabung kacer agar cepat selesai adalah dengan menjemur burung kacer agar tidak kedinginan.

Untuk menjemur burung kacer ini, Anda dapat melakukannya dengan hanya diangin-anginkan saja. Jangan lupa, Anda harus mengkerodong sangkar burung kacer ini. Perlakuan khusus seperti ini harus rutin dilakukan kepada burung kacer yang mabung setiap hari dengan jangka waktu 1 sampai 2 minggu.

Itulah ulasan lengkap terkait cara perawatan mabung kacer beserta ciri-ciri burung kacer yang mabung. Semoga apa yang cenayangkicau.com berikan dapat bermanfaat untuk Anda untuk mengetahui cara mempercepat mabung kacer agar cepat selesai. Kuncinya hanya satu yaitu ketelatenan dalam melakukan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *