Cara mengatasi Burung Cendet Salto Agar Sembuh Normal

Posted on

Cara mengatasi Burung Cendet Salto Agar Sembuh Normal – Salah satu burung yang memiliki harga murah dan mudah ditemukan di pasaran adalah Burung Cendet. Namun meskipun mudah sekali untuk ditemui, kemampuan berkicau sang burung tidak perlu diragukan kembali. Sehingga wajar saja jika burung ini memiliki harga yang sangat mahal dan akan menguras kantong. Suara burung yang khas ini juga seringkali dijadikan incaran bagi para pecinta burung.

Saat mengalami stress burung cender memiliki suara yang macet sehingga akan mogok untuk berkicau. Macetnya kicauan burung cendet ini menjadi tanda bahwa burung sedang mengalami stress. Burung cender selalu berusaha untuk menghindari anda sehingga membuat dia harus salto dan mengalami luka. Hal ini biasanya juga akan menyebabkan bagian ekor burung rusak. Nah untuk bisa mengatasinya, yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Cara Ampuh Atasi Burung Cendet Salto

1 Melakukan Terapi dengan Suara Air Mengalir

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi burung cendet yang salto adalah dengan memberikan terapi suara air yang mengalir. Air yang mengalir akan meredakan stress pada burung. Anda bisa mendengarkan suara air yang mengalir pada burung cendet dengan sangat jelas dan pelan. Hal ini bisa dilakukan selama kurang lebih 24 jam nonstop atau saat malam hari saja. Dengan membiarkan burung cendet mendengarkan suara air mengalir, maka ia tidak akan mudah stress lagi.

2. Melakukan Mandi Pada Malam Hari

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan suara burung cendet adalah dengan memandikan burung saat malam hari. Ternyata rutin melakukan mandi pada malam hari sangat memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan burung. Namun karena burung masih dalam keadaan stress, maka lebih baik anda melakukan semprotan yang sudah disetel untuk memberikan efek embun.

Usahakan untuk tidak meletakkan semprotan dalam jarak yang cukup dekat, karena justru akan membuat burung cendet ketakutan. Burung yang ketakutan akan memiliki trauma yang berlangsung lama pada anda dan perubahan lingkungan sekitar. Ketika sudah selesai mandi, angina anginkan burung terlebih dahulu kurang lebih selama 10 menit. Kemudian anda dapat langsung melakukan kerodong dan menggantungkan sangkar burung ke dalam rumah.

3. Melakukan Full Kerodong

Untuk bisa mengatasi burung cendet yang selalu salto maka anda anda harus mengerodongnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membuat kondisi burung menjadi tidak semakin parah. Melakukan pengerodongan ini dapat dilakukan dalam waktu yang tidak dapat ditentukan. Hal ini karena anda harus memperhatikan keadaan burung cendet. Apabila burung sudah mengalami perkembangan, pengerodongan bisa dilakukan pada malam hari saja.

4. Melakukan Terapi Lapar

Agar suara burung cendet bisa kembali seperti semula, maka anda bisa melakuakn terapi lapar. Terapi ini bisa dilakukan pada burung cendet jika salto burung sudah berkurang. Sebab ketika anda membuka kerodong dan hendak memberikan jangkrik, sebaiknya jangan langsung membiarkannya. Pertama goda burung terlebih dahulu sampai burung cendet mau mengejar jangkrik yang ada di tangan anda.

Artikel Lain

Setelah mau mengejarnya, maka anda bisa langsung memberikan jangkrik tersebut. Terapi lapar ini hanya akan menurunkan emosi salto pada burung cendet. Namun burung ini juga akan bisa menjadi jinak kembali. Oleh sebab itu, terapi ini hanya dianjurkan untuk burung burung yang stress karena mengalami trauma berat sehingga menjadi glabakan. Perhatikan perkembangan burung cendet terlebih dahulu sebelum melakukan terapi lapar.

5. Melakukan Pengembunan Kembali

Pengembunan bisa dilakukan saat pagi hari untuk bisa meredakan salto pada burung. Hal ini karena burung yang diumbar tanpa dikerodong dalam jangka waktu yang lama dan  menyebabkan semakin parah. Meskipun pengembunan kurang efektif untuk mengurangi salto, akan tetapi cara ini akan lebih cocok dilakukan untuk mengembalikan suara burung cendet yang kurang gacor.

Itulah beberapa cara dari Cenayangkicau.com yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Burung Cendet Salto Agar Sembuh Normal. Dengan melakukan cara tersebut maka burung akan kembali normal dan kembali gacor seperti biasanya. Anda bisa melakukan pengkrodongan hingga melakukan terapi lapar untuk bisa mengurangi salto burung. Lakukan secara rutin cara tersebut sehingga bisa membuat burung kembali normal dan bisa mengeluarkan suara yang gacor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *