Cara mengatasi Murai Batu Yang Sangat Giras

Posted on

Cara mengatasi Murai Batu Yang Sangat Giras Akibat Stres – Perawatan jenis burung memanglah tidak mudah, apalagi saat burung burung mengalami stress. Burung murai batu yang liar membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk bisa jinak kepada tuannya. Anda akan membutuhkan perawatan yang bertahap sehingga burung murai tidak akan stress. Murai Batu yang stress tidak akan menghasilkan suara burung yang bagus sehingga bisa kalah saat bertanding berlangsung. Yuk simak cara menjinakkan burung murai yang sedang stress.

Cara Mudah Menjinakkan Burung Murai Batu

1 Memandikan Burung Murai Batu

Bagi para pecinta burung tentu sudah biasa melakukan aktivitas memandikan burung kesayangan secara rutin. Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi Burung Murai Batu yang stress adalah dengan rutin memandikan burung. Cara ini bisa dilakukan dengan hanya menyemprotkan air namun tak sampai membasahi seluruh tubuh burung Murai Batu tersebut.

2 Mengenalkan Pakan Voer

Bagi para pecinta burung murai batu, tentu sudah tahu jika makanan asli burung ini adalah jenis jenis serangga. Biasanya burung ini suka sekali makanan serangga seperti jangkrik, belalang, cacing, tanah kroto dan lain lain. Sebagai tahapan pengenalan, tumbuklah voer atau pellet sampai halus dan letakkan di dasar cawan pakan. Jangan lupa untuk memberikan kroto diatas makanan Burung Murai Batu, sehingga suara burung murai batu akan kembali seperti saat giras.

Artikel Lain

Setelah kurang lebih satu minggu, barulah kroto dicampur dengan halus dengan komposisi kroto lebih banyak. Anda bisa menambah komporsi voer atau pelet harus sedikit demi sedikit. Nah baru setelah murai batu makan voernya, anda bisa memisahkan antara voer dan kroto di tempat yang terpisah. Dengan begitu burung murai batu tidak akan mudah stress dan bisa berbaur dengan lingkungan baru di sekitarnya.

3 Memberikan Ekstra Food

Makanan ekstra food pada dasarnya adalah makanan utama burung murai batu saat masih berada di hutan. Untuk menjinakkan murai batu yang stress anda bisa memberikanya ekstra food tersebut. Saat memberikan ekstra food maka usahakan untuk menaruh sangkar di lantai dan anda bisa menggunakan lidi untuk memberikan ekstra Food tersebut. Burung murai akan mulai lama lama jinak dan bisa berdaptasi dengan lingkungan baru di sekitarnya.

4 Mengenalkan di Tempat Keramaian

Agar suara burung murai batu kembali bersuara, maka anda bisa mengenalkan di tempat keramaian. Seperti diketahui burung murai batu memiliki karakteristik yang berbeda beda untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru yang ada di sekitarnya. Hal ini juga merupakan cara agar burung bisa cepat beradaptasi dan mulai mengenal lingkungan yang ada di sekitarnya. Sehingga ia tidak stress dan bisa dijinakkan dengan lebih mudah.

5 Memandikan Burung Murai dengan Memegangnya

Jika sebelumnya burung murai hanya dimandikan dengan cara disemprot, agar cepat jinak burung murai batu harus dimandikan dengan cara memegangnya. Hal ini akan membuat kedekatan burung dengan pemiliknya semakin terasa. Cara memandikan burung murai dengan memegangnya ini akan jauh lebih efektif dan 90 persen berhasil untuk menjinakkannya. Yang perlu diingat anda harus selalu berhati hati, jangan sampai sang burung merasa sesak napas.

Jika menekannya terlalu keras, maka bulu burung akan muda rontok. Sangat dibutuhkan konsentrasi untuk bisa melakukan teknik ini. Untuk memandikannya burung dengan cara memegangnya maka anda akan memerlukan baskom yang berisi air. Kemudian dengan kepala diatas, usaplah kepala burung murai batu hingga bagian tubuhnya secara merata. Tentunya hal ini akan membutuhkan kesabaran dan latihan yang ekstra.

6 Mencarikan Burung Pasangan

Untuk bisa menyembuhkan stress karena harus beradaptasi dengan lingkungan baru, maka anda bisa mencarikan burung murai batu pasangan. Caranya adalah dengan terlebih dahulu menjinakkan murai batu yang berkelamin betina tersebut. Setelah betina bisa jinak, maka sang burung murai akan mulai menurut dan bisa dijinakkan dengan mudah. Suara burung murai pun bisa terdengar kembali dan tidak lagi mengalami stress.

Itulah beberapa cara mudah, bisa anda lakukan Cara mengatasi Murai Batu Yang Sangat Giras Akibat Stres. Dengan menjinakkan burung murai yang liar maka ia akan kembali bisa bersuara dan beradaptasi dengan lingkungan setempat. Lakukan beragam cara mulai dari membiarkan burung beradaptasi, memberikan ekstra fooding dan juga mencarikan pasangan. Dengan cara seperti ini burung murai batu tidak akan mudah stress,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *