Cara Mengatasi Pleci Bersuara Serak Secara Alami

Posted on

Cara Mengatasi Pleci Bersuara Serak Secara Alami – Mungkin bagi sebagian orang memelihara merupakan suatu kesenangan tersendiri. Terutama untuk penyuka burung berkicau pastinya mereka akan senang jika burung pleci miliknya terus berkicau, ngeplong, gacor dan ngerol. Namun, terkadang burung pleci bersuara serak ini menjadi masalah bagi pemeliharanya karena pleci tersebut akan merasa terganggu dengan suaranya yang serak dan mengakibatkan pleci malas bunyi .

Cara Mengatasi Pleci Bersuara Serak Secara Alami

Cara Mengatasi Pleci Bersuara Serak Secara Alami

Pleci bersuara ini bisa terjadi secara tiba-tiba tergantung faktor lingkungan dan kesehatan dari burung tersebut. Tetapi biasanya faktor lingkungan yang sering mempengaruhi terjadi perubahan suara pada burung pleci gacor ini. Ciri ciri pleci serak seperti gangguan tenggorokan pada burung ini bisa karena pengaruh lingkungan yang tidak sehat hingga membuat pleci bersuara serak. Namun, faktor lain bisa terjadi karena kesalahan dalam proses pemeliharaan. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki pleci perlu mengetahui penyebab dan cara mengobati pleci serak parah ini.

Penyebab Pleci Bersuara Serak

1. Pleci bersuara serak ini bisa disebabkan karena terlalu lama menjamurnya di bawah terik matahari sehingga membuat tenggorokan pleci iritasi.

2. Memberikan pakan yang salah pada pleci seperti kroto atau ulat kandang yang sudah busuk atau basi yang bisa membuat pleci bersuara serak.

3. Pleci bersuara serak dapat disebabkan oleh cuaca yang buruk dan ekstrem yang dapat mengganggu suara burung tersebut.

4. Saluran pernapasan yang terganggu atau terinfeksi dapat membuat pernapasan burung ini menjadi terganggu dan membuat pleci bersuara serak.

5. Pleci bersuara serak bisa terjadi karena adanya infeksi jamur maupun parasit tungau kantung udara atau air sac mites).

6. Polusi udara dapat membuat pleci bersuara serak. Polusi udara ini bisa berasal dari asap knalpot kendaraan sampai asap dari peralatan masak yang dipanaskan.

7. Menurunnya stamina burung dapat berpengaruh pada perubahan suara sehingga pleci bersuara serak dan sangat terganggu.

Artikel Lain

Cara Mengobati Suara Serak Secara Cepat

1. Menggunakan daun dan buah mengkudu

Pleci bersuara serak dapat diatasi secara alami dengan menggunakan daun maupun buah mengkudu. Cara mengobati pleci bersuara serak bisa dilakukan dengan cara menyiapkan beberapa lembar daun mengkudu yang kemudian dicampur dengan voer untuk pakan utamanya.

Opsi lain jika cara tersebut tidak berhasil yaitu bisa membuat ramuan dari rebusan air dari tiga lembar daun mengkudu yang sudah disusutkan hingga tinggal 1 gelas saja. kemudian bisa tambahkan gula aren asli atau madu asli, setelah itu dinginkan beberapa saat sebelum di berikan pada burung pleci.

Untuk menggunakan buah mengkudu, caranya ambil air hasil buah mengkudu yang sudah di parut dan di peras. Lalu tambahkan air perasan buah mengkudu dengan madu asli atau gula aren asli untuk menyamarkan rasa agar tidak pahit. Kemudian berikan air tersebut pada pleci bersuara serak selama 3 hari berturut-turut untuk hasil yang maksimal.

2. Menggunakan air teh manis

Pleci bersuara serak dapat diatasi dengan memberikan air teh manis. Jika Anda gemar mengkonsumsi teh manis, bisa memberikan teh sisa maupun memberikan teh manis baru untuk burung tersebut pada cepuk kecil.

Cara memberikannya juga cukup mudah, yaitu berikan air teh manis yang dingin usahakan dingin yang normal lalu simpan dalam cepuk kecil. Kemudian berikan pada pleci bersuara serak tersebut. Lakukan pemberian air teh manis ini secara teratur hingga pleci bersuara serak tersebut bisa normal atau pulih kembali serta bisa menaikkan volume pleci .

3. Menggunakan daun saga

Daun saga merupakan jenis tanaman yang dipercaya oleh masyarakat sebagai obatuntuk mengatasi masalah mulut maupun tenggorokan, seperti amandel, batuk, radang tenggorakan, sariawan dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa daun saga dapat digunakan untuk mengatasi pleci bersuara serak?

Kandungan alami dalam daun saga seperti protein, vitamin atau zat-zat lain yang sangat baik untuk kesehata manusia dan hewan.

Untuk mengobati pleci bersuara serak ini dapat dilakukan dengan membuat ramuan dari beberapa lembar daun saga yang direbus bersama 2 gelas air dan 2 sendok teh gula. Kemudian saring air rebusan tersebut kemudian didinginkan. Air rebusan tersebut akan digunakan sebagai air minum untuk pleci bersuara serak hingga suara kembali normal.

Cara lain yaitu dengan menggunakan beberapa lembar daun saga yang telah ditumbuk halus lalu dikeringkan dengan cara dijemur. Kemudian setelah daun saga menjadi tepung bisa dicampur pada voer untuk dijadikan pakan utama yang alami.

4 Menggunakan daun binahong

Daun binahong ini merupakan bahan alami yang sudah dikenal untuk pengobatan herbal seperti untuk mengobati panas dalam. Kandungan saponin, flavonoid, zat alkoloid, dan zat antioksidan yang ada pada daun binahong ini baik untuk kesehatan serta menyembuhkan pleci bersuara serak, bulu kering, burung kurang bergairah dan meriang.

Caranya cukup mudah Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembara daun binahong yang direbus bersama  2 gelas air yang disusutkan hingga kurang lebih 1 gelas air. Lalu saring air rebusan daun binahong tersebut dan tambahkan 2 sendok teh gula aren asli atau madu asli. Kemudian berikan pada pleci bersuara serak hingga suaranya kembali normal.

5. Menggunakan larutan penyegar rasa buah

Tidak hanya digunakan oleh manusia saja untuk mengobati masalah tenggorakan maupun panas dalam, larutan penyegar rasa buah juga bisa diberikan pada pleci bersuara serak.

Gunakan larutan penyegar rasa buah tersebut sebagai air minum untuk pleci bersuara serak. Pemberian minuman tersebut dapat dilakukan hingga pleci bersuara serak sembuh.

Itulah pembahasan terkait cara mengatasi pleci bersuara serak secara alami serta ramuan agar pleci bersuara keras  yang dapat cenayangkicau.com sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat mengembalikan suara burung pleci sobat seperti semula juga menjernihkan suara pleci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *