Cara Mengobati Berbagai Penyakit Burung Kenari

Posted on

Cara Mengobati Berbagai Penyakit Burung Kenari – Memelihara burung kenari memanglah terbilang mudah, namun hal ini akan berbanding terbalik jika burung kenari justru semakin sakit serta kenari lesu . Tidak semua orang yang memelihara burung kenari pun tahu cara mengobatinya seperti kenari mengembangkan bulu saat didekati, perut bengkak pada kenari dan penyakit kaki kenari . Di sisi lain Meski terlihat segar bugar, namun tubuh burung kenari sebenarnya sedang sakit.

Nah, Karena itu Anda harus tahu tanda – tanda yang menunjukkan burung kenari ini sedang sakit, seperti bulu yang terlihat kusam, bulu bagian leher bergetar – getar, mata yang menutup dan terlihat mengantuk dan lebih banyak diam.

Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengobatinya

Cara Mengobati Berbagai Penyakit Burung Kenari

Itulah merupakan tanda – tanda yang sering ditujukan saat burung kenari sedang sakit. Setelah mengetahui tanda – tanda penyakit pada burung kenari, lantas bagaimana cara mengobati penyakit burung kenari? Untuk menjelaskan  berikut ini cenayang kicau akan memberikan  ulasannya.

Cara mengobati berbagai penyakit burung kenari

1. Penyakit pernapasan

Penyakit pernapasan ini mungkin sering menyerang burung kenari. Hal ini karena adanya penularan kontak langsung yang terjadi antara burung kenari yang melepaskan bakteri E.Coli dengan burung kenari yang sehat. Selain faktor faktor, tempat pakan yang tidak bersih juga digunakan untuk menggantikan faktor faktor ini.

Penyakit pernapasan ini bisa menyerang kenari betina dan jantan dan harus segera ditangani. Jika dibiarkan maka akan berakibat fatal seperti mati karena gagal bernapas atau penularan terhadap burung kenari lainnya.

Burung kenari yang mengeluarkan penyakit pernafasan ini biasanya bisa di deteksi dengan berbagai gejala, seperti yang sering dibicarakan untuk melakukan pernafasan, sering bersin, hukum dikeluarkan ingus, serta tubuh yang lemah dan kurang bertenaga.

Cara mengobati semua penyakit burung kenari pada penyakit pernapasan cukuplah mudah, yaitu dengan memindahkan burung kenari yang sakit ke ruang isolasi, hal ini berarti menghindari burung kenari yang sakit dari burung kenari lain yang sehat. Pemberian pakan yang bersih, air minum yang matang juga ditambah pemberian vitamin dan suplemen yang sangat disetujui untuk memulihkan kesembuhan burung kenari.

2. Penyakit berak kapur

Mungkin terdengar sedikit aneh dengan penyakit burung kenari tersebut bukan? Penyakit berak kapur ini biasanya diketahui dari kotoran yang dikeluarkannya, seperti bentuknya yang cair, berwarna putih hingga sering dikeluarkan lendir berwarna putih di bagian anus. Hal ini bisa jadi masalah dari penyakit berak kapur yang disebabkan oleh bakteri berbahaya bernama pullorum.

Cara mengobati berbagai penyakit burung kenari seperti berak kapur adalah dengan memindahkannya ke kandang isolasi dan diberikan zat antibiotik secara rutin. Pemberian makanan dan minuman yang baru dan bersih, serta mencuci wadah menggunakan bahan anti septik sangat disetujui untuk membantunya dikembalikan dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Penyakit bubul

Penyakit bubul merupakan penyakit jamuran yang sering menyerang bagian telapak kaki burung kenari. Meskipun terlihat biasa saja, namun demikian penyakit ini cukup berbahaya karena dapat menular dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Penyakit ini akan membengkak, sisik akan menjadi renggang dan juga membengkak.

Cara mengobati berbagai penyakit burung kenari seperti penyakit bubul ini yaitu dengan memindahkannya ke kandang isolasi dan membersihkan kandang yang lama. Berikan obat merah pada kaki burung kenari yang mendukung penyakit bubul, juga bersihkan pada tempat bertengger. Dengan pijakan burung yang kotor inilah yang menjadi penyebab utama burung kenari terserang penyakit bubul atau jamuran.

Selain memberikan obat merah pada kaki burung kenari, dibantu diberikan obat tanpa bantuan. Caranya yaitu dengan mengoleskan obat tadi pada kaki burung kenari dengan menggunakan kuas cat lukis yang menggunakan kecil. Cara ini bisa dilakukan setiap hari, yaitu pada sore hari atau malam hari. Setelah kira-kira selesai maka penyakit bubul akan menghilang dengan sendirinya. Kunci utama pemulihannya dilakukan secara rutin dan juga telaten

4. Penyakit cacingan

Selain penyakit bubul yang menyerang pada permukaan kaki, penyakit cacingan juga menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi pada burung kenari. Penyakit ini menyerang bagian pencernaan dan biasanya terjadi beberapa jenis cacing seperti cacing yaiti, cacing tambang, cacing pita dan cacing hati. Tampak seperti ditiru, seperti nafsu makan jadi menurun, burung terlihat lemas, bulunya jadi kusut dan kotoran burung kenari menjadi cair.

Cara mengobati berbagai penyakit burung kenari seperti cacingan ini yaitu dengan melakukan pemberian pakan dan minum dengan menyemprotkan anti septik. Selain itu tempat bertengger burung dan menyediakan obat yang banyak diminta di pasaran merupakan solusi terbaik untuk mengobati penyakit burung kenari. Setelah kenari akan segera pulih dan dikembalikan seperti sedia kala.

5. Penyakit kutu

Tidak hanya pada hewan seperti kerbau saja yang dapat menyebabkan penyakit kutu. Hal ini ternyata terjadi pula pada burung kenari. Burung kenari yang mengeluarkan kutu biasanya akan terlihat gelisah, sering mematuk bulunya dan suara kicauan menjadi terdengar lebih lemah.

Artikel Lain

Nah, lantas bagaimana cara mengobati berbagai penyakit burung kenari seperti penyakit kutu ini? Pengobatannya adalah dengan cukup menempatkannya ke kandang isolasi. Lakukan pembersihan pada tempat dan tempat yang menjadi sarang penyakit tersebut. Selain itu, penjemuran burung kenari serta pemberian antibiotik yang dicampurkan di udara tempat mandinya akan menghindarkan burung kenari dari penyakit kutu.

Demikian ulasan tentang cara mengobati penyakit Burung Kenari yang bisa cenayangkicau.com berikan. Tidaklah sulit bukan? Semoga bermanfaat, ikuti terus artikel selanjutnya agar Anda bisa mendapatkan tips dan suara burung lengkap, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *