Cara Merawat Anis Merah Macet Bunyi

Posted on

Cara Merawat Anis Merah Macet Bunyi – Dalam merawat anis merah, terkadang kita menemukan masalah yang tidak kita inginkan. Misalnya seperti anis merah yang mengalami macet bunyi, baik itu macet bunyi setengah maupun macet bunyi total. Perlu diketahui bahwa anis merah dikenal sebagai burung yang rajin dalam berkicau.

Namun pada kenyataannya, permasalahan anis merah  macet bunyi bisa terjadi pada anis merah. Permasalahan yang dialami burung kicau satu ini merupakan permasalahan yang tergolong rumit dan membuat kesal. Apalagi jika Anda tidak mempunyai pengalaman dalam mengatasi permasalahan yang seperti ini.

Cara Merawat Anis Merah Macet Bunyi

Cara Merawat Anis Merah Macet Bunyi

Penyebab dari anis merah mengalami macet bunyi memang belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa penyebab yang diyakini oleh banyak orang sebagai penyebab anis merah macet bunyi. Misalnya seperti anis merah yang stres karena keadaan lingkungan.

Dalam merawat anis merah yang macet bunyi sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Lantas, bagaimanakah cara merawat anis merah yang sedang macet bunyi tersebut? Untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait cara merawat anis merah, simaklah ulasan di bawah ini. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui faktor penyebab anis merah macet bunyi.

Faktor Penyebab Anis Merah Macet Bunyi

1. Stres dalam Perjalanan

Anda perlu hati-hati dalam membawa anis merah di perjalanan. Jalan yang berlubang dan berkendara dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan anis merah kaget dan stres. Jika Anda menggunakan mobil, usahakan untuk tidak meletakkan anis merah dekat dengan mesin. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan anis merah macet bunyi.

2. Stres Akibat Lokasi

Dalam habitat asli, anis merah senang berada di tempat yang sejuk dengan sedikit cahaya matahari. Maka dari itulah, usahakan anis merah Anda berada pada lingkungan yang hampir sama dengan habitat aslinya.

3. Stres Akibat Drop Mental Setelah Lomba

Setelah selesai lomba, biasanya burung akan lelah dan mengalami stres. Hal ini juga terjadi pada anis merah. Anda harus menangani hal ini agar stres pada anis merah tidak berlanjut.

4.Anis Merah Mengalami Masa Mabung

Perlu diketahui bahwa masa mabung hampir terjadi pada semua burung. Burung yang pada awalnya gacor akan berubah diam saat masa mabung. Jika anis merah mengalami masa mabung, segeralah lakukan perawatan dengan baik.

5. Anis Merah Sudah Melewati Masa Mabung

Biasanya, burung yang sudah mengalami masa mabung akan tetap diam selama beberapa minggu. Hal ini tergolong wajar. Hal ini pun juga terjadi pada anis merah setelah masa mabung.

Artikel lain

Cara Merawat Anis Merah Macet Bunyi yang Mudah Dilakukan

1. Jauhkan dari Anis Merah yang Lebih Gacor

Cara merawat anis merah yang mengalami macet bunyi pertama adalah dengan menjauhkannya dari anis merah dari yang lebih gacor. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk memberi waktu anis merah agar kondisinya kembali baik dan stabil. Letakkan sangkar anis merah di tempat yang sejuk dan tenang dengan sedikit penyinaran. Hal ini dapat membantu anis merah untuk kembali berbunyi.

2. Berikan Makanan Tambahan

Memberikan makanan tambahan pada anis merah merupakan cara merawat anis merah yang mengalami macet bunyi selanjutnya. Jadi, jika anis merah Anda mengalami macet bunyi, berilah makanan tambahan. Misalnya seperti jangkrik dengan porsi yang besar. Meski dalam porsi besar, Anda tetap harus menyesuaikan dengan kemampuan makan anis merah itu sendiri.

3. Coba Embun di Pagi Hari

Melakukan pengembunan pada anis merah merupakan hal yang bisa Anda lakukan secara rutin pada anis merah agar kembali berbunyi. Saat pengembunan, Anda juga bisa memberikan anis merah dengan cacing dan satu sendok teh kroto yang segar.

4.Setelah Pengembunan

Jika selesai melakukan pengembunan pada anis merah macet bunyi, Anda bisa memandikan anis merah tersebut di pagi hari. jika sudah di lakukan, angin-anginkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah anis merah di anginkan, letakkan sangkar anis merah di tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan.

5. Berikan Buah Segar

Cara merawat anis merah saat macet bunyi yang selanjutnya adalah dengan memberikan buah yang segar. Buah segar dapat membantu anis merah untuk kembali berbunyi. Lebih baik lagi jika dalam satu wadah ada beberapa jenis buah segar. Misalnya seperti irisan apel, pisang, jeruk, pepaya, buah naga, dan buah segar lainnya. Pemberian buah segar ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan protein anis merah.

6. Goda Anis Merah yang Macet Bunyi

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggoda anis merah yang sedang macet bunyi. Hal ini dilakukan untuk memancing birahi anis merah. Anda bisa meniru suara anis merah betina. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa mengunduh mp3 suara anis merah betina.

7. Mandi Malam

Memandikan anis merah macet juga merupakan salah satu cara merawat anis merah saat mengalami macet bunyi. Setelah dimandikan, jangan lupa untuk mengangin-anginkan dan berikan satu ekor cacing tanah. Setelah anis merah kering, anis merah bisa di kerodong kembali dan diistirahatkan di tempat yang tenang.

8. Memberikan Obat atau Suplemen

Cara merawat anis merah saat mengalami macet bunyi yang terakhir adalah dengan memberikan obat atau suplemen yang sesuai. Anda bisa memberikan suplemen berupa Bird Twitter, Bird Shout, Bird Molt-Post. Hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan anis merah tersebut.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait cara merawat anis merah yang sedang mengalami macet bunyi beserta faktor yang menyebabkannya. Semoga apa yang cenayangkicau.com berikan bermanfaat untuk Anda dalam merawat anis merah yang sedang macet bunyi. Kuncinya hanya satu yaitu ketelatenan dalam merawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *