Cara Merawat Cendet Stres Agar Cepat Gacor

Posted on

Cara Merawat Cendet Stres Agar Cepat Gacor – Tujuan awal seseorang memelihara seekor burung cendet adalah untuk dinikmati betapa riang kicauannya sekaligus bisa untuk dilombakan. Namun bagaimana jika burung cendet mengalami stress dan tidak mau berkicau? sebelum mengetahui bagaimana cara ampuh untuk merawat cendet stres agar cepat gacor, ada baiknya untuk mengetahui dan memahami apa saja penyebab cendet mengalami stres dan tidak mau berkicau.

Cara Merawat Cendet Stres Agar Cepat Gacor

cenayangkicau.com

Beberapa penyebabnya adalah cendet masih beradaptasi dengan lingkungan sekitar baru, pergantian majikan, karena perjalanan jauh, akibat kalah bertarung, karena takut sesuatu, hingga karena pergantian makanan.

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, barulah kita bisa menyesuaikan bagaimana cara merawat cendet stres agar cepat gacor dengan mudah. Yuk simak lebih lanjut mengenai cara merawat cendet stres agar cepat gacor berikut ini.

Cara Merawat Cendet Stres Agar Cepat Gacor yang Perlu Anda Lakukan

Beberapa cara merawat cendet stres agar cepat gacor sesuai dengan penyebabnya adalah sebagai berikut, antara lain :

1. Burung Cendet Susah Beradaptasi

Jika burung cendet susah beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang baru, sebaiknya beri kerodong tipis pada sangkar selama beberapa hari untuk menghindari stress. Usahakan untuk memberikan makanan dan EF yang cukup supaya mental burung cendet normal kembali.

2. Burung Cendet Stres Karena Salah Perawatan

Jika burung cendet mengalami stress karena salah pola perawatan, Anda bisa menanyakannya ke pemilik awal bagaimana cara memandikan hingga pemberian makanan yang biasa diberikan. Hal ini sangat ampuh dalam cara merawat cendet stres agar cepat gacor. Jangan memaksakan pola perawatan baru yang hanya akan membuat burung cendet stres dan tidak mau berkicau lagi.

3. Burung Cendet Stres Karena Kalah Bertarung

Penyebab lainnya kenapa burung cendet bisa stres adalah karena kalah bertarung dengan cendet lainnya. Anda bisa mengakalinya dengan mengisolasi dan menjauhkan burung cendet tersebut dari burung yang sejenisnya.

Sebaiknya beri kerodong tipis dan berikan makanan EF yang lebih banyak supaya mental berangsur – angsur baik kembali. Berikan pula binatang kecil hidup untuk meningkatkan mental burung cendet yang menurun setelah kekalahan dalam bertarung.  

4. Burung Cendet Stres Karena Sangkar Jatuh

Selain 3 penyebab diatas, burung cendet bisa stres karena sangkar yang jatuh. Hal ini merupakan kejadian yang paling sulit disembuhkan, karena otomatis burung cendet akan sangat stres.

Sebaiknya kombinasikan berbagai macam cara seperti melakukan karantina, memberikan Extra Food yang lebih banyak untuk mengembalikan mental burung, memberi untulan, hingga memandikan burung cendet selama seminggu sekali. Namun sebaiknya jangan sampai dipertemukan dengan burung cendet sejenis yang sudah gacor, karena akan membuatnya semakin stres dan menurunkan mental si burung cendet.

Selain cara merawat cendet stres agar cepat gacor yang berdasarkan penyebabnya, terdapat pula beberapa tips perawatan yang tepat agar burung cendet cepat gacor atau kembali berkicau secara normal.

Perawatan yang Tepat Cendet Stres Agar Cepat Gacor

Setelah melakukan perawatan pada cendet stres agar cepat gacor sesuai penyebabnya, maka hal berikutnya yang harus dilakukan agar cendet bisa berkicau secara normal kembali adalah dengan memaster burung cendet dengan lovebird, ciblek, kenari, jangkrik dan belalang. Dengan begitu burung cendet bisa menirukan burung master secara mudah dan menjadikannya memiliki harga yang mahal.

Selain itu, bisa pula dilakukan penjemuran maupun di angin – anginkan setiap pagi hari mulai pukul 07.00 di teras rumah. Kemudian mandikan burung dengan cara disemprot ataupun tergantung kebiasaan burung masing – masing. Untuk kandang, sebaiknya melakukan pembersihan , ganti dan juga tambahkan voer pada air minum.

Untuk jenis makanan yang diberikan sebagai cara merawat cendet stres agar cepat gacor adalah dengan memberikan 4 jangkrik pada wadah makanan yang dicampur dengan EF. Setelah itu, lakukan proses penjemuran kembali mulai pukul 08.00 – 11.00 dan usahakan untuk tidak dibarengi dengan penjemuran burung sejenis. Hal ini untuk meningkatkan mental si burung.

Setelah melakukan penjemuran yang kedua, angin – anginkan kembali burung cendet di teras selama kurang lebih 15 menit, lalu masukkan dalam sangkar dan berikan kerodong. Pada pukul 10.00 – 15.00 lakukan pemasteran burung dengan suara burung – burung master seperti kenari. Lalu angin – anginkan kembali hingga pukul 15.30 dan juga mandikan dengan cara di semprot atau cara lainnya yang menjadi kebiasaan burung cendet.

Pada pukul 18.00 berikan jangkrik yang kemudian di campurkan dalam wadah Extra Food untuk burung cendet. Setelah itu barulah kerodong kembali sangkar burung hingga pagi hari sambil memperdengarkan suara master burung lain. Hal ini sangat ampuh sebagai cara merawat cendet stres agar cepat gacor.

Artikel Lain

Tips Pemberian Makanan Tambahan Pada Burung Cendet

Selain diberi makan EF atau yang lebih dikenal dengan Extra Food, ada baiknya pula jika ditambahkan beberapa makanan yang mendukung pertumbuhan serta membuat burung agar cepat gacor.

Makanan yang bisa diberikan adalah kroto fresh, dimana bisa diberikan pada burung cendet setidaknya 2 kali dalam seminggu, pemberian makanan tambahan cacing 1 ekor selama 2 kali dalam seminggu, serta multivitamin yang bisa diberikan dengan cara mengkombinasikannya pada air minum cendet selama 1 kali dalam seminggu saja.

Demikian informasi dan penjelasan lengkap cenayangkicau.com mengenai cara merawat cendet stres agar cepat gacor. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi Anda dalam merawat burung cendet yang gampang – gampang susah ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *