Cara Merawat Murai Batu Mabung Sampai Cepat Tuntas

Posted on

Cara Merawat Murai Batu Mabung Sampai Cepat Tuntas – Apakah burung murai batu anda mengalami kerontokkan bulu? Jangan langsung panik karena bulu rontok juga termasuk proses alami yang dapat terjadi pada burung murai batu atau unggas lainnya, proses tersebut disebut dengan mabung.

Mabung atau proses ganti bulu adalah masa cuti bagi burung murai batu  dan unggas lainnya. Selama masa mabung, aktivitas burung seperti berkicau akan berkurang.

Cara Merawat Murai Batu

Cara Merawat Murai Batu Mabung Sampai Cepat Tuntas

Perlu penanganan tepat terhadap perawatan murai mabung, burung yang sedang mabung karenaa kesalahan dalam menangani burung mabung bisa memunculkan berbagai masalah baru. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam perawatan murai mabung.

Baca juga : Cara Merawat Cendet Stres Agar Cepat Gacor

Lantas, apa sajakah cara merawat murai batu mabung agar dapat cepat tuntas? Untuk mengetahui penjelasan terkait hal tersebut, simaklah penjelasannya di bawah ini. Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui tentang pantangan bagi murai batu yang sedang mabung.

Pantangan-Pantangan Murai Batu Mabung

 

Saat menjalani masa mabung, biasanya murai batu akan merasa kurang percaya diri karena kerontokan bulu. Hal ini akan mengurangi penampilan burung muara batu.

Burung biasanya memiliki kebiasaan yang disebut preening. Yaitu kebiasaan merapikan bulu-bulunya. Saat masa mabung yang menyebabkan bulu menipis akan menyebabkan burung tak bisa melakukan preening lagi, hal tersebut sangatlah menyiksa.

Keadaan ketiadaan atau ketidaklengkapan bulu selama mabung juga mempengaruhi fisiologis pada burung muara batu karena kulitnya nyaris tak berbaju dan kurangnya proteksi pada tubuh dan kulitnya, sehingga burung murai batu mudah terkena penyakit apabila kita salah dalam merawat burung.

Proses mabung merupakan salah satu proses yang menyakitkan bagi setiap burung sehingga membutuhkan perawatan yang tepat, jika burung khususnya burung murai batu dipaksakan untuk tetap aktif beraktifitas bahkan dilombakan hal itu akan membuat kualitas murai batu gacor dan performa burung menjadi menurun, karena kondisi burung yang sedang tidak maksimal.

Baca juga : Cara Perawatan Kenari Mabung Atau Nyulam

Selain itu, proses mabung merupakan proses istirahat bagi burung untuk mendapatkan kondisi yang lebih baik dan bulu-bulu yang indah seperti baru lahir. Proses mabung dapat diibaratkan seperti proses pergantian kulit pada ular.

Cara Merawat Murai Batu Mabung

 

1. Jangan memandikan murai batu mabung

Cara merawat murai batu mabung yang pertama adalah dengan cara jangan memandikan burung itu. Sebenarnya, memandikan burung merupakan hal yang baik.

Namun jika hal ini dilakukan ketika proses mabung akan mengganggu proses mabung, karena jika dilakukan ketika proses peluruhan. Burung boleh dimandikan pada  yang baru menyelesaikan masa mabungnya, dan sedang tumbuh tunas-tunas bulu yang baru.

2. Jangan menjemur murai batu yang mabung

Tidak menjemur murai batu juga termasuk dalam cara merawat murai batu mabung yang selanjutnya. Menjemur burung yang sedang mabung sangatlah tidak disarankan karena burung yang sedang mabung tidak memerlukan sinar matahari, justru burung akan merasa kelelahan jika terpapar sinar matahari.

Jika Anda tetap menjemur murai batu yang sedang mabung. Maka murai batu tersebut akan mengalami pertumbuhan bulu yang kurang sempurna.

Baca juga : Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina Trotol

Bahkan bisa saja mengalami kelainan atau abnormal. Kelain tersebut antara lain bulu baru menjadi kering, cepat rusak, bulu terbalik atau melintir. Padahal, fungsi mabung yaitu agar burung memiliki bulu-bulu baru yang rapi, bersih, dan mengkilap.

3. Jangan biarkan murai batu sering bunyi saat mabung

Cara merawat murai batu mabung selanjutnya adalah dengan tidak membiarkannya berbunyi. Selama masa mabung, aktifitas burung benar-benar harus dikurangi, burung harus dikondiskan minim aktifitas.

Dengan demikian, burung akan lebih fokus untuk menyelesaikan masa mabungnya. Jika dibiarkan terus beraktifitas maka burung akan birahi selama mabung, sehingga menyebabkan masa mabung akan berkepanjangan.

4. Jangan berikan pakan dengan kadar protein terlalu tinggi

Tidak memberikan pakan yang berprotein tinggi juga menjadi salah satu cara merawat murai batu mabung. Memberi pakan yang mengandung protein tinggi memang diperlukan bagi burung-burung yang sedang mabung. Namun, hanya protein tertentu saja.

Misalnya seperti protein yang disebut keratin memang membawa andil besar pada proses pembentukan bulu-bulu baru. Namun, jika memberikan pakan berprotein tinggi dilakukan terus menerus, maka akan menyebabkan burung menjadi hiperaktif dan dapat memperlambat proses mabung.

5. Jangan terus-menerus full kerodong

Mengerodong burung murai batu mabung memang perlu dilakukan. Dan memang ada kondisi-kondisi yang mengharuskan mengerodong burung, Misalnya saat terjadi perubahan suhu atau gangguan cuaca. Tetapi jangan sampai terus-menerus menerapkan full kerodong. Hal ini merupakan salah satu cara merawat murai batu mabung yang harus diperhatikan.

Selama dikerodong, kebersihan sangkar harus selalu diperhatikan. Jangan sampai kotoran burung yang mengandung gas amonia menumpuk. Dalam kondisi sangkar full kerodong, burung bisa mengalami keracunan gas ammonia.

Baca juga : Download Mp3 Murai Batu Juara Full Isian

Sekali-kali, bukalah kerobong burung. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara lancar. Selain itu, jagalah kebersihan kerodong agar burung tidak terserang penyakit. Seperti menyemprot krodong agar tetap lembab apalagi jika sedang musim panas.

6. Berikan nutrisi yang cukup

Murai batu yang sedang mabung membutuhkan banyak energi sehingga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menghasilkan energi, namun bukan berarti memberikan secara berlebihan karena justru membuat burung menjadi hiperaktif dan memperlambat proses mabung.

7. Berikan suplemen tambahan

Cara merawat murai batu mabung yang terakhir adalah dengan memberikan suplemen tambahan. Jadi, ada suplemen yang khusus untuk burung yang sedang mabung. Suplemen ini berfungsi untuk membantu proses perontokan dan penumbuhan bulu baru.

Misalnya seperti BirdMolt-Pre/BM-Pre yang khusus dikonsumsi ketika awal proses mabung hingga mulai tumbuhnya bulu-bulu jarum pada murai batu. Sedangkan jenis suplemen dengan BirdMolt-Post/BM-Post digunakan untuk mempercepat penumbuhan bulu baru pada burung murai batu.

Demikianlah penjelasan cenayangkicau.com terkait cara merawat murai batu mabung sampai cepat tuntas yang perlu sobat lakukan. Semoga bermanfaat untuk sobat semua dalam merawat murai batu yang mabung. Kuncinya hanya satu yaitu ketelatenan dalam perawatan murai mabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *