Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Posted on

Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina – Burung Cucak Ijo termasuk salah satu spesies burung kicau yang banyak diminati oleh para kicau mania. Burung Cucak Ijo ini bisa digunakan sebagai master, untuk dilombakan, serta hanya untuk burung kicauan di rumah saja. Harga Cucak Ijo ini lumayan terjangkau. Namun, meskipun demikian, Anda tidak akan menyesal saat memelihara burung kicau satu ini. Hal ini dikarenakan Cucak Ijo sering dan suka berkicau dengan suara merdunya.

Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina cenayangkicau.com

Sebelum memutuskan untuk membeli Cucak Ijo ini, umumnya para kicau mania akan mencari tahu jenis kelamin burung kicau satu ini. Pemilihan Cucak Ijo ini akan berdampak pada mental burung, tipe suara kicauan, dan jenis lomba yang diikuti. Membedakan jenis kelamin Cucak Ijo saat masih bakalan memang terkesan agak sulit. Namun, dengan kesabaran dan ketelitian, Anda pasti dapat membedakannya.

Jika Anda memiliki niat untuk memelihara Cucak Ijo dengan tujuan dilombakan, sebaiknya Anda memilih Cucak Ijo berjenis kelamin jantan. Hal ini dikarenakan Cucak Ijo jantan memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan gacor. Sementara Cucak Ijo betina, suara kicauannya tidak akan seperti yang Anda harapkan.

Lantas, bagaimanakah cara mudah membedakan Cucak Ijo yang berjenis kelamin jantan dan betina agar tidak salah membeli? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi. Di bawah ini akan diulas secara lengkap penjelasan terkait hal tersebut. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri yang membedakan Cucak Ijo jantan dan betina.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan

Sebelum mengetahui cara mudah membedakan Cucak Ijo yang berjenis kelamin jantan dan betina, terlebih dahulu Anda harus mengetahui ciri-ciri Cucak Ijo jantan dan betina. Perlu diketahui bahwa lingkar mata Cucak Ijo jantan berwarna kuning kontras, sehingga tampak ketegasannya. Si jantan ini juga mempunyai tulang supit yang terkesan keras dengan letaknya di sisi kanan dan kiri yang rapat.

Saat masih anakan atau bakalan, Cucak Ijo jantan umumnya memiliki paruh yang berwarna cokelat gelap. Selain itu, pupil mata si jantan ini berwarna hitam dan terlihat sangat jernih. Jika diamati dengan teliti, kulit kaki si jantan ini akan terlihat bersisik dengan disertai bintik berwarna hitam. Saat berumur 4 hingga 6 bulan, Cucak Ijo jantan memiliki leher yang berwarna kuning. Seiring bertambahnya usia, berubah menjadi hijau keputihan.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Betina

Ciri-ciri Cucak Ijo betina yang pertama bisa dilihat dari lingkar matanya yang berwarna sedikit kusam. Warna kuning yang ada di mata si betina pun terlihat memutih. Cucak Ijo betina mempunyai tulang supit yang terkesan lunak dengan jarak yang renggang. Saat masih usia anakan atau bakalan, si betina ini akan mempunyai paruh yang berwarna putih.

Perlu diketahui bahwa pupil mata Cucak Ijo betina ini berwarna cokelat. Jika diamati dengan teliti, kulit kaki si betina akan terlihat bersisik namun tidak ada bintik hitam. Jadi, sedikit berbeda dengan si jantan. Saat berusia 4 hingga 6 bulan, leher si betina ini berwarna kuning. Setelah berusia dewasa, warna kuning ini akan berubah menjadi kehitaman.

Artikel lain

Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina yang Ampuh

1. Lingkar Mata

Cara mudah membedakan Cucak Ijo yang jantan dan betina yang pertama bisa dilihat dari lingkar matanya. Cucak Ijo jantan umumnya mempunyai lingkar mata yang berwarna kuning kontras, sehingga akan tampak ketegasan dari sorot mata. Sementara Cucak Ijo betina umumnya mempunyai lingkar mata yang terlihat memutih.

2. Pupil Mata

Pupil mata juga dapat dijadikan sebagai patokan dalam cara mudah membedakan Cucak Ijo yang jantan dan betina. Jika diperhatikan dengan teliti, Cucak Ijo jantan memiliki pupil mata yang berwarna hitam dan sangat jernih. Sementara Cucak Ijo betina, warna pupil matanya terlihat hitam kecokelatan.

3. Paruh Bawah

Cucak Ijo jantan mempunyai paruh bawah yang berwarna cokelat gelap. Sedangkan Cucak Ijo betina, warna paruh bagian bawahnya adalah putih bersih.

4. Tulang Supit

Cara mudah membedakan Cucak Ijo yang berjenis kelamin jantan dan betina juga dapat dilihat dari tulang supitnya. Cucak Ijo jantan umumnya memiliki tulang supit yang terkesan kaku dan keras dengan jarak yang sangat rapat. Sedangkan Cucak Ijo betina umumnya memiliki tulang supit yang terkesan lunak dengan jarak yang renggang.

5. Leher

Leher juga dapat dijadikan sebagai patokan dalam cara mudah membedakan Cucak Ijo. Saat berusia 4 hingga 6 bulan, Cucak Ijo jantan akan memiliki leher yang berwarna kuning. Seiring bertambahnya usia, akan berubah menjadi kehitaman. Sedangkan Cucak Ijo betina memiliki leher berwarna kuning saat masih bakalan. Setelah dewasa, warna kuning tersebut akan berubah menjadi hijau keputihan.

6. Sisik Kaki

Jika diperhatikan dengan teliti, Cucak Ijo jantan mempunyai kaki yang bersisik dengan disertai bintik berwarna hitam. Sedangkan Cucak Ijo betina juga mempunyai kaki yang bersisik namun tidak disertai bintik hitam.

7. Tes DNA Akurat 99%

Cara mudah membedakan Cucak Ijo yang berjenis kelamin jantan dan betina selanjutnya adalah melalui tes DNA yang diambil dari darah atau bulu burung. Hasil dari tes DNA ini sangat akurat dengan keakuratan sampai 99%. Tes DNA ini dapat membedakan jenis burung Cucak Ijo yang jantan dan betina.

Itulah pembahasan lengkap cenayangkicau.com terkait cara mudah membedakan Cucak Ijo yang berjenis kelamin jantan dan betina. Sebelum mengetahui cara membedakannya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui ciri-ciri Cucak Ijo yang jantan dan betina. Semoga bermanfaat untuk Anda untuk membedakan Cucak Ijo agar tidak salah pilih saat membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *