Cara Perawatan Kenari Mabung Atau Nyulam

Posted on

Cara Perawatan kenari mabung atau nyulam – Merawat burung kenari adalah salah satu kewajiban bagi orang yang memelihara burung kenari. Kenari merupakan salah satu burung kicau yang populer dan banyak dipelihara di Indonesia. Perawatan burung ini tidak terlalu merepotkan dan kenari pun tidak mudah stress.

Cara Perawatan Kenari Mabung

Cara Perawatan Kenari Mabung

Dalam merawat kenari ada beberapa perawatan wajib yang harus dilakukan. Salah satunya adalah perawatan kenari mabung. Perawatan kenari mabung termasuk salah satu perawatan yang harus diperhatikan dengan baik. Hal ini terjadi karena pada saat kenari mabung, kenari membutuhkan asupan nutrisi yang lebih. Seperti protein, energi, dan vitamin yang harus tercukupi.

Apakah Anda tahu apakah mabung itu? Mabung atau yang biasanya dikenal juga sebagai molting adalah  proses rontoknya bulu pada burung. Hal ini terjadi pada semua jenis burung. Proses gantinya bulu burung yang lama menjadi bulu yang baru terjadi secara bertahap. Maka dari itu, jika Anda mempunyai kenari yang sedang mabung, Anda harus mengerti cara perawatan kenari mabung dengan mudah.

Lantas apakah Anda mengetahui cara perawatan kenari mabung? Untuk mengetahui informasi lengkap terkait cara perawatan kenari mabung, di sini kami berbagi penjelasannya. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kenari mabung dan faktor penyebabnya.

Ciri-Ciri Kenari Mabung

Burung kenari akan memulai proses mabung pertama kalinya di usia sekitar 3-4 bulan. Hal ini sudah biasa dan lumrah terjadi pada semua jenis burung, karena mabung termasuk proses pergantian bulu dari bulu anakan berganti ke bulu dewasa.

Saat proses mabung, bulu akan berganti dengan warna yang lebih mengkilap dan tampak kuat dari pada warna bulu lama. Tumbuhnya bulu pada kenari melewati beberapa tahapan. Misalnya dimulai dari dada, bahu, kepala, bagian tengkuk, punggung, dan selanjutnya bulu yang besar seperti pada bagian sayap dan ekor.

Proses mabung kenari sampai dengan tingkat yang sempurna memerlukan waktu sekitar 5-6 bulan. Hal ini dipengaruhi asupan gizi, misalnya seperti vitamin, protein, air, mineral, dan sinar matahari.

Burung kenari mengalami fase mabung berikutnya saat berusia sekitar 1 tahun. Fase mabung kedua ini lebih parah dari sebelumnya. Kemungkinan kenari jantan tidak akan berkicau saat proses mabung kedua. Bahkan kenari jantan dan betina akan kehilangan birahinya saat proses mabung.

Nafsu makan pun akan berkurang dan burung lebih suka berjemur. Biasanya, fase mabung kenari yang kedua diawali dari bagian ekor dan sayapnya. Fase mabung kedua berlangsung selama sekitar 1 sampai dengan 2 bulan.

Faktor yang Mempengaruhi Kenari Mabung

1. Faktor Umur

Kenari mabung yang usianya masih muda, prosesnya akan lebih lama dari kenari yang sudah dewasa.

2. Faktor Alam

Keadaan lingkungan seperti suhu dan cuaca yang ekstrim ternyata mempengaruhi terjadinya mabung pada kenari.

3. Faktor Musiman

Faktor ini terjadi jika dalam satu tempat ada sekumpulan kenari. Jika ada salah satu kenari yang mabung, maka bisa mempengaruhi mabung pada kenari lain.

4. Faktor Hormon

Hormon yang tidak stabil dapat mengakibatkan burung kenari mengalami mabung. Umumnya, peningkatan hormon terjadi karena burung kenari sedang dalam kondisi birahi yang sedang naik.

Artikel Lain

Cara Mudah Perawatan Kenari Mabung

Cara perwatan kenari mabung sebenarnya cukup mudah. Namun Anda harus tetap memperhatikan apa yang harus dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam perawatannya. Kunci utama dalam perawatan kenari mabung adalah ketelatenan.

Perawatan harian yang teratur juga diperlukan dalam merawat kenari mabung. Adapun cara perawatan kenari mabung yang mudah adalah sebagai berikut.

1. Jauhkan Dari Keramaian

Cara perawatan kenari mabung yang pertama adalah menjauhkan kenari dari keramaian. Sebaiknya tempatkan kenari yang sedang mabung di tempat sepi dengan suasana yang tenang. Jauhkan pula dari gangguan binatang, seperti kucing, tikus, anjing, atau pun binatang lainnya.

Sangkar kenari harus dikerodong agar suhu di dalam sangkar tetap stabil. Hal ini juga akan membantu burung kenari untuk tetap tenang selama proses mabung.

2. Perhatikan Porsi Makanan

Cara perawatan kenari mabung selanjutnya adalah memperhatikan porsi makannya. Saat proses mabung, porsi makanan harus ditingkatkan. Hal ini dilakukan karena pada proses mabung memerlukan banyak asupan energi dan nutrisi. Jika asupan nutrisi yang didapatkan burung baik, maka kondisi burung setelah selesai proses mabungnya akan meningkat. Bulunya akan semakin bagus. Kondisi fisik dan suaranya pun juga meningkat.

3. Penjemuran

Lakukan penjemuran pada kenari yang mabung setiap hari selama 20-30 menitan, setelah itu jemur dan bersihkan kandangnya. Berikan biji-bijian yang berkualitas, misalnya seperti Ebod Canary. Ganti air minumnya dan campurkan dengan multivitamin merk Ebod Vit. Dosisnya sekitar 5-10 tetes dalam 50 ml air minum.

4. Pemberian Nutrisi

Cara perawatan kenari mabung selanjutnya adalah memberikan nutrisi. Setiap tiga kali dalam seminggu, berikan Ebod Breeding dengan dosis 5-10 tetes dalam 50 ml air minumnya. Saat Anda memberikan kenari Ebod Breeding, pemberian Ebod Vit harus dihentikan dulu.

5. Pemberian makanan tambahan

Berikan juga makanan tambahan seperti sayuran dan buah. Misalnya seperti sawi hijau, sawi putih, selada, gambas, timun untuk sayurnya. Untuk buah Anda bisa memberikan apel, buah pir, anggur, dan lainnya.

Berikan grit pada kenari untuk melancarkan sistem saluran pencernaan. Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan kalsium, yodium dan untuk pembentukan tulang dan bulu.

6. Mandikan dengan shampoo

Usahakan setiap sekali dalam seminggu, mandikan dan gunakan air mandi yang sudah dicampur dengan shampoo. Misalnya seperti shampoo Jati Jajar yang mampu membunuh kutu dan kuman. Shampoo ini juga mengandung Aloe vera yang dapat menyuburkan dan menghaluskan bulu burung.

7. Pemasteran

Cara perawatan kenari mabung yang terakhir adalah pemasteran. Saat kenari dalam proses mabung, Anda bisa melakukan pemasteran dengan menggunakan burung masteran atau suara MP3 burung masteran.

Itulah sedikit ulasan dari cenayangkicau.com tentang cara perawatan kenari mabung beserta ciri-ciri kenari yang mabung dan faktor yang mempengaruhinya. Semoga bermanfaat untuk Anda dalam merawat kenari yang sedang mabung. Kuncinya hanya satu yaitu ketelatenan dalam merawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *