Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Posted on

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur – Hay sobat kicau mania Apakah kalian tahu burung lovebird? Burung ini merupakan salah satu burung peliharaan yang banyak diminati oleh para pengkoleksi atau pecinta burung mania. Burung cantik dengan bulu warna-warni ini mempunyai pesona yang tak dimiliki oleh burung lain. Namun, ternyata tidak hanya warna cantiknya nya saja yang membuat Lovebird menjadi istimewa namun juga kicauannya yang menghibur.

Ternyata, Lovebird memiliki keunikan yang mungkin belum diketahui banyak orang.  Seperti namanya love yang berarti cinta, Lovebird sangat suka mengekspresikan cintanya kepada pasangannya. Lovebird memiliki cara tersendiri untuk memilih pasangannya yaitu dengan berciuman. Lovebird akan menyuapi pasangannya dengan cara berciuman. Hal seperti ini biasa dilakukan oleh sepasang  lovebird yang sudah lama tidak bertemu. Hal ini merupakan wujud kasih sayang yang ditunjukkan oleh Lovebird kepada pasangannya.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

ternak lovebird

Karena keunikan Lovebird banyak orang yang mencoba untuk memeliharanya dan berternak entah itu untuk sekedar kesenangan atau hobi saja atau ada yang menekuninya untuk dijadikan pekerjaan. Dalam kesempatan ini, kami akan berbagi beberapa tips dan cara yang dapat diaplikasikan agar Lovebird cepat bertelur. Namun untuk melengkapi pengetahuan para pembaca, kami akan berbagi ilmu tentang cara ternak lovebird dan apakah yang menjadi penyebab lovebird untuk sulit bertelur.

Penyebab Lovebird Sulit Bertelur

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Lovebird sulit bertelur. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Lovebird betina yang dikawinkan merupakan persilangan antara lovebird kacamata (klep) dan non kacamata (non-klep), dimana lovebird non kacamata lebih cepat bisa bereproduksi dan memiliki keturunan. Keturunan atau filial pertama (F1) dari hasil persilangan antara lovebird klep dan non klep atau biasa disebut semi-klep, sebagian besar telurnya bersifat infertil (kosong atau tidak subur) yaitu telur yang tidak memiliki benih sehingga menyebabkan sulit menghasilkan keturunan walaupun dapat bertelur.
  2. Lovebird termasuk salah satu burung monomorfik seksual yaitu jenis burung yang memiliki penampilan yang sama antara jantan dan betina, sehingga banyak peternak yang tidak dapat membedakan antara lovebird betina dan jantan. Terkadang mereka terkecoh menjodohkan lovebird yang memiliki jenis kelamin yang sama sehingga walaupun sudah ditunggu lama tidak dapat bertelur karena berjenis kelamin sama.
  3. Penangkar tidak memiliki catatan mengenai umur induk, khususnya induk betina. Faktor umur sangatlah penting, oleh sebab itu penangkarharus tau betul umur lovebird khususnya yang betina. Karena lovebird memiliki minimum umur untuk bisa bertelur, contohnya lovebird klep (kacamata) dapat bertelur jika berumur 8 bulan keatas dan lovebird non klep (non kacamata) dapat berterlur lebih cepat yaitu sekitar umur 6-8 bulan.

Artikel Lain

Cara Ternak Lovebird Lengkap

1.Menempatkan beberapa Lovebird dalam satu tempat

Cara beternak lovebird yang pertama adalah dengan meletakkan lovebird dalam satu tempat. Anda dapat menempatkan beberapa pasangan Lovebird dalam satu ruangan, namun dengan menggunakan kandang berbeda. Cara ini bisa bekerja dengan efektif karena suara Lovebird betina lain yang sedang bertelur akan memancing Lovebird betina yang belum bertelur untuk kawin dan bertelur juga.

2. Memasang sarang kotak atau glodok

Cara ternak lovebird selanjutnya adalah dengan memasang sarang kotak. Sarang kotak atau yang biasanya dikenal sebagai glodok adalah sebuah tempat yang digunakan Lovebird untuk meletakkan telur dan mengerami telurnya. Anda harus memperhatikan ukuran glodok dan tata letak yang pas dan nyaman agar Lovebird betina cepat bertelur.

Bentuklah setiap detail glodok sesuai dengan tubuh lovebird betina mulai dari lubang pintu dan ukuran glodok itu sendiri senyaman mungkin untuk memaksimalkan proses pengeraman.

3.Menghangatkan kandang menggunakan lampu full spektrum

Cara ternak lovebird yang lainnya adalah menghangatkan kandang. Lampu full spektrum dapat membantu Lovebird merasa betah di kandang sebab dengan lampu jenis ini dipercaya dapat menciptakan kehangatan dari cahaya yang dipancarkan, sehingga mempercepat Lovebird bertelur.

menggunakan Lampu yang di pasang di kandang lovebird tersebut harus memiliki suhu sebesar 5500 Kelvin dan juga mempunyai warna cahaya yang serupa dengan sinar matahari. jenis Lampu ini juga baik bagi kesehatan segala jenis burung, namun matikanlah cahaya di malam hari agar lovebird dapat merasa nyaman ketika beristirahat.

4,Perhatikan pakan dan minuman Lovebird

Memperhatikan pakan dan minuman untuk lovebird juga menjadi salah satu cara ternak lovebird. Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap makhluk hidup tak terkecuali burung karena makanan berfungsi untuk menunjang kesehatan burung dan kemampuan dalam bereproduksi.

Kami menyarankan beberapa makanan yang dapat meningkatkan hormone burung seperti tauge, biji kwaci, kangkung, dan tulang sotong.Sumber kalsium dari tulang sotong dipercaya dapat memaksimalkan kerja sel telur (ovum) oleh bahan kerabang atau cangkang di dalam oviduct dalam proses pembungkusan.

Selain Makanan, Anda juga dianjurkan untuk memperhatikan kebersihan minuman lovebird dengan cara mengganti air minum setiap hari dan membersihkan tempat minum lovebird.

5. Memberikan suplemen untuk Lovebird

Pemberian suplemen dapat dilakukan untuk merangsang birahi Lovebird. Anda boleh memberikan suplemen Ebod Breeding yang bisa merangsang birahi dan memperbaiki kualitas telur. Fungsi suplemen tersebut yaitu meningkatkan kualitas telur, dan menjaga kesehatan anakan Lovebird yang baru menetas.

Ada suplemen lain seperti BirdMature yang dipercaya mampu meningkatkan birahi Lovebird jantan dan betina penjodohan hingga Lovebird bertelur. Fungsi lainnya dari suplemen adalah untuk meningkatkan jumlah persentase telur fertil dan juga meningkatkan daya tetas sebuah telur, serta juga dapat membantu menjaga kesehatan Lovebird yang baru menetas.

6.Jauhkan dari gangguan hewan lain

Cara beternak lovebird yang terakhir adalah dengan menjauhkannya dari hewan lain. Jagalah kandang Lovebird agar tetap aman dari gangguan hewan lain  seperti tikus, tokek, cicak, kucing, kecoak, ular, anjing agar tidak dimangsa dengan memperkuat kandang dan lainsebagainya.

Demikianlah ulasan cenayangkicau.com terkait cara beternak lovebird agar dapat cepat bertelur. Semoga cara beternak lovebird yang saya sampaikan dapat membantu Anda yang ingin beternak lovebird.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *