Perawatan Burung Merpati Kolong Sebelum Lomba

Posted on

Perawatan Burung Merpati Kolong Sebelum Lomba – Mempunyai burung merpati yang sehat dan dapat menang dalam sebuah perlombaan merupakan hal yang sangat membahagiakan, terlebih bagi para penggemar burung merpati kolong. Merpati kolongan adalah suatu seni dan kegemaran dalam memelihara burung merpati. Merpati kolongan ini terbagi menjadi dua, yaitu kolongan bebas dan kolongan yang menggunakan meja sebagai landasan terbang.

Untuk dapat menang dalam sebuah perlombaan, burung merpati kolong harus dipersiapkan untuk menghadapi pertandingan jauh hari sebelumnya. Jika persiapan untuk merpati kolong hanya beberapa hari saja, maka peluang untuk menjadi pemenang sangat kecil. Persiapan yang matang juga perlu dilakukan agar merpati kolong tidak terkejut saat di perlombaan.

Perawatan Burung Merpati Kolong

Perawatan Burung Merpati Kolong Sebelum Lomba

Sebagai ajang diskusi dan berbagi pendapat tentang merpati kolongan, ada berbagai forum yang berguna untuk berbagi pengalaman dan juga pengetahuan terkait cara merawat burung merpati kolong sebelum perlombaan. Hal ini dilakukan karena perawatan burung merpati kolong ini sangatlah penting.

Forum diskusi ini juga dilakukan karena suatu alasan. Perlu diketahui bahwa mencetak burung merpati kolongan yang berkualitas bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh rasa telaten dan kesabaran serta pengetahuan yang cukup. Perawatan dan pelatihan untuk burung merpati kolong sebelum lomba harus terus dilakukan untuk memperoleh hasil yang baik. Anda harus tahu, burung merpati kualitas terbaik tidak akan bisa tampil prima jika tidak dirawat dan dilatih dengan baik.

Lantas, bagaimanakah perawatan burung merpati kolong yang dilakukan sebelum perlombaan? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simaklah ulasannya di bawah ini. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui cara melatih merpati kolong sebelum lomba.

Cara Melatih Burung Merpati Kolong

1. Adaptasi terhadap Lapangan

Anda harus tahu bahwa lapangan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan ada suatu waktu kemampuan merpati kolong di lapangan berbeda dengan saat berada di kandang. Dalam hal seperti ini, ketelatenan Anda sangatlah diperlukan. Anda dapat menempatkan merpati kolong dengan betinanya dalam satu sangkar. Hal ini perlu dilakukan terus menerus agar merpati kolong bisa nyaman dengan lingkungan barunya.

2. Mundur

Saat di lapangan, menjauhlah secara perlahan dari merpati kolong. Meskipun jauh, Anda harus tetap memantau kondisinya. Jika dalam suatu kondisi merpati tersebut menurun, Anda perlu mengistirahatkan merpati tersebut. Jangan paksa merpati untuk terbang lagi agar tidak stres.

3. Masuk Kolong

Burung merpati yang performanya sudah baik, perlu untuk belajar masuk kolong pada titik terbang sekitar 600 meter. Jika jalur dan tenaga yang dimiliki merpati tersebut sudah memuaskan, perlu tindakan lanjut oleh pelatih. Indikator merpati yang baik dalam belajar masuk kolong adalah burung merpati tersebut terbangnya sudah mampu mengimbangi pelatih dan tidak tertinggal.

4. Suplemen

Cara melatih burung merpati yang selanjutnya adalah dengan memberikannya suplemen. Biasanya, suplemen ini akan diberikan pada titik terbang sekitar 200 sampai 300 meter dengan 2 kali pemberian. Pertama, diberikan sore hari setelah latihan. Kedua, 2 hari setelah pemberian pertama dan pada sore hari juga.

Artikel Lain

Perawatan Burung Merpati Kolong yang Harus Dilakukan Sebelum Perlombaan

1. Menjaga Stamina Burung Merpati

Perawatan burung merpati kolong yang pertama dan harus dilakukan sebelum perlombaan adalah dengan menjaga staminanya. Usahakan untuk tidak membuat stamina burung merpati kolong terkuras habis sebelum perlombaan. Sebaiknya, Anda harus membiarkan burung merpati beristirahat dengan cukup sebelum perlombaan.

Latihan yang diberikan pada burung merpati kolong juga jangan terlalu berat. Lakukan latihan yang ringan tetapi secara terus menerus. Jika burung merpati dilatih dengan ekstra dna keras, bisa saja terjadi burung merpati akan lelah dahulu sebelum bertanding.

2. Beri Doping Makanan Ekstra Pada Burung Merpati

Perawatan burung merpati kolong selanjutnya adalah dengan memberikan doping makanan ekstra pada burung merpati tersebut. pemberian doping makanan ekstra ini dilakukan agar kondisi tubuh burung merpati kolong selalu fit.

Meskipun pemberian doping makanan sangat disarankan, namun perlu diingat bahwa jangan terlalu banyak dalam memberikannya. Jika pemberian doping makanan terlalu banyak, dapat berakibat tidak baik untuk kelangsungan merpati kolong ke depannya.

3. Memberikan Vitamin Kepada Burung Merpati

Perawatan burung merpati kolong selanjutnya yang harus Anda lakukan sebelum perlombaan adalah dengan memberikan vitamin kepada burung merpati tersebut. pemberian vitamin ini perlu dilakukan dengan cukup. Hal ini dikarenakan pemberian vitamin yang cukup akan memberikan efek yang baik untuk kondisi burung merpati menjelang perlombaan.

Namun perlu diingat bahwa pemberian vitamin ini tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan burung merpati. Jangan terlalu berlebihan karena dapat mengakibatkan hal yang tidak baik.

4. Istirahat yang Cukup Bagi Burung Merpati

Istirahat yang cukup juga merupakan salah satu perawatan burung merpati kolong yang harus dilakukan sebelum perlombaan. Jika burung merpati kurang istirahat, maka akan membuat merpati tersebut menjadi sering kelelahan. Jika sudah lelah, biasanya merpati akan sakit.

Maka dari itulah, Anda harus mengusahakan untuk menjaga waktu istirahat burung merpati kolong. Jangan dipaksa untuk melakukan latihan secara berlebihan. Berlatih memang harus dilakukan, namun berlatih itu ada batasannya.

Istirahat yang baik biasanya dilakukan pada saat merpati selesai terbang. Bisa juga istirahat pada sore hari. Sebaiknya jangan mengganggu waktu istirahat burung merpati dan pastikan keadaan sekitar itu tenang.

5. Pemberian Pakan Pada Burung Merpati

Pemberian pakan pada burung merpati juga menjadi salah satu perawatan burung merpati kolong yang harus dilakukan sebelum perlombaan. Perlu diketahui bahwa pemberian pakan ini tidak boleh terlalu banyak. Secukupnya saja dan disesuaikan dengan kemampuan burung merpati tersebut.

Demikianlah pembahasan cenayangkicau.com lengkap terkait perawatan burung merpati kolong yang harus dilakukan beserta cara melatih burung merpati kolong. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam merawat burung merpati kolong sebelum perlombaan agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *